icon-category Food

Kiat Pintar Mengonsumsi Daging

Bagikan :

Banyak orang yang memperhatikan kesehatan jantungnya agak takut untuk mengonsumsi daging. Padahal dengan makan daging bukan berarti Anda menumpuk lemak di tubuh Anda. Perlu diketahui, bukan daging yang menjadi perhatian Anda, melainkan lemak jenuh dalam daging yang membuat kadar kolesterol meningkat yang harus jadi perhatian Anda.

Nah untuk itu, kami memiliki panduan agar Anda dapat menikmati steak favorit Anda secara aman dan lebih sehat. Ini caranya:

Memilih daging

Ketika Anda membeli daging, Anda ingin daging yang Anda masak memiliki kandungan lemak yang rendah atau biasa disebut lean. Daging rendah lemak memiliki kurang dari 8,5 gram lemak setiap 85 gram penyajian. Contoh daging yang rendah lemak adalah bagian flank dan chuck.

Sumber: gentlemansgazette.com

Setelah itu, coba juga cek warna dagingnya. Daging yang segar memiliki warna kemerahan. Hindari daging yang berair, karena kemungkinan besar daging tersebut berasal dari sapi gelonggongan.

Tambahan: Jika di supermarket Anda menemukan daging dengan label “grass fed” yang berarti sapi tersebut diberi makan rumput, pilih daging itu. Sapi yang diberi makan rumput memiliki kandungan lemak 25% hingga 50% lebih sedikit dibanding yang diberi makanan ternak pada umumnya.

Saat memasak

Buang sisa-sisa lemak yang menempel pada daging sebelum Anda memasaknya dan gunakan pisau yang tajam untuk menghilangkan lemak yang masih tersisa saat Anda selesai memasak. Dengan begitu, Anda semakin meminimalisir lemak yang ada pada daging.

Anda bisa memasak daging sesuka hati Anda – dipanggang menggunakan oven atau di wajan. Namun, jika memutuskan untuk menggunakan wajan, akan lebih baik menggunakan teknik pan seared, yaitu digoreng menggunakan sedikit minyak.

Minyak zaitun bisa menjadi alternatif pilihan minyak yang lebih sehat, namun pastikan suhunya tidak terlalu panas jika menggunakan minyak zaitun. Setelah selesai memasak, gunakan paper towel untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang menempel pada daging.

Aturan konsumsi daging

Ketahui batas Anda dalam mengonsumsi daging. Beberapa peneliatian menunjukkan terlalu sering memakan daging akan menimbulkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Disarankan untuk memakan daging maksimal dua kali seminggu dengan setiap sajian tidak lebih dari 85 gram. Memang, daging merupakan sumber protein yang tinggi, namun ada alternatif lain yang bisa Anda konsumsi, seperti kacang-kacangan, daging ikan, dan daging ayam.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini