home ×
Digilife

Kisah Penuh Tantangan di Balik Pujian untuk Aplikasi iOS Tokopedia

02 February 2021 By
Kisah Penuh Tantangan di Balik Pujian untuk Aplikasi iOS Tokopedia
Share
Share
Share
Share

Aplikasi Tokopedia di iOS (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Pengguna iOS yang menggunakan aplikasi Tokopedia di perangkatnya, paham betul bahwa aplikasi ini punya segudang fitur, tidak hanya untuk jual dan beli, pembayaran digital hingga banyak lainnya tanpa harus membuat mata sakit dan kepala sakit karena antarmukanya yang sederhana dan praktis.

Ini tentu saja bukan sekadar opini pribadi. Karena faktanya pujian juga meluncur untuk aplikasi Tokopedia versi iOS dari Apple. Aplikasi yang dirilis di App Store sejak tahun 2015 lalu ini sempat ditampilkan di beranda App Store Global. Sebuah pencapaian yang tak bisa diraih oleh semua pengembang aplikasi.

Baca juga: Mulai Investasi di Platform Digital, Siapa Takut?

Semua aplikasi dan fitur ini intinya memudahkan pengguna. Walaupun selama pengembangannya tidak mudah membalikan telapak tangan.

“Ini semua tentu berkat kerja keras seluruh tim Tech di Tokopedia. Legitimasi ini sebagai bentuk komitmen kami untuk selalu fokus pada konsumen,” kata Head of Enginering Tokopedia Tonito, seperti Uzone.id kutip dari Blog Medium milik Tokopedia.

Head of Enginering Tokopedia Tonito

Dia bercerita membangun aplikasi Tokopedia di iOS bukan tanpa tantangan. Dia diminta untuk membuat aplikasi Tokopedia di iOS pada tahun 2014. Padahal saat itu, pengguna iPhone belum terlalu banyak dan dia sendiri belum punya pengalaman.

Namun seperti tagline Tokopedia, #MulaiAjaDulu, itupun menjadi filosofi bagi Tonito dan tim untuk mengembangkan aplikasi di iOS. Butuh kurang lebih setahun, sebelum akhirnya Tokopedia pun meluncurkan aplikasi mobile berbasis iOS pada pertengahan tahun 2015.

Baca juga: Kisah di Balik Tren Belanja Online 2020 di Tokopedia

Setelah merilis untuk iOS, tentu saja aplikasi ini perlu terus menerus ditambahkan ragam fiturnya. Namun tantangannya ada di sumber daya manusia atau developer karena saat itu pengembang Apple termasuk jarang di Indonesia. Tim Tonito pun berkolaborasi dengan Apple Academy untuk membina talenta digital.

Kerja sama itu membuahkan hasil dengan bertambahnya tim mencapai 40 orang yang memang benar-benar mengerti iOS. Bahkan hingga saat ini, sudah ada 50 tim yang dipimpin oleh Tonito.

“Saya mulai sebagai anggota tim pertama di tim Tokopedia iOS. Saya ingat dengan jelas ketika kami bekerja di ruko kecil dengan hanya segelintir karyawan. Jika saya melihat kami hari ini, kami bekerja di gedung 52 lantai dengan ribuan karyawan, rasanya benar-benar sebuah perjalanan yang luar biasa,” ujarnya.

Beberapa terobosan yang telah diluncurkan oleh Tonito dan tim iOS Tokopedia untuk membuat aplikasi kaya akan fitur diantaranya:

NFC

Fitur NFC di iPhone memungkinkan pengguna iOS Tokopedia melakukan pengecekan, top up hingga update saldo kartu uang elektronik langsung dari perangkat pribadi secara mudah dan cepat.

Dark Mode

Saat ini, lebih dari 90 persen halaman Tokopedia telah dikonversi menjadi dark mode. Fitur ini diharapkan dapat lebih memanjakan mata pengguna saat menggunakan aplikasi Tokopedia terutama di malam hari sekaligus membantu menghemat konsumsi energi gadget.

Tokopedia di Apple Watch

Tonito menjelaskan bahwa inovasi ini memungkinkan masyarakat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch. “Mulai dari mencari produk, memantau status pembelian, mengecek notifikasi hingga kemudahan membuka aplikasi Tokopedia melalui fitur Buka di HP,” ujar Tonito.

Widget Tokopedia di iOS 14

Menawarkan berbagai kemudahan, yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna dari homepage tanpa harus membuka aplikasi Tokopedia. Misalnya dalam memantau transaksi atau berkomunikasi dengan penjual maupun pembeli.

Dengan kemudahan yang dirasakan langsung oleh tim Uzone.id, rasanya wajar jika aplikasi Tokopedia masuk dalam kategori ‘Great on iOS 14’ dan ditampilkan di halaman depan AppStore pada Oktober 2020.

Bagaimana menurut kalian?

VIDEO Unboxing GoPro Hero 9 Black Garansi Resmi Indonesia:

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id