icon-category Digilife

Kominfo Akhirnya Buka Akses Origin.com dan Epic Games, Kapan?

  • 05 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Benjamin Sow/Unsplash

    Uzone.id - Setelah membuka akses 5 aplikasi yang sempat diblokir, Kominfo akhirnya melakukan normalisasi pada layanan PSE lainnya yaitu Origin.com.

    Dalam pernyataan tertulis yang dibagikan, Kemenkominfo melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengumumkan bahwa Electronics Arts telah mendaftarkan Origin.com.

    Dengan adanya pendaftaran ini, normalisasi akses Origin.com telah dilakukan sejak pukul 14.00 WIB pada hari Rabu, 3 Agustus 2022.

    origin
    Kominfo normalisasi situs Origin.com, 3 Agustus 2022 (Dok. Uzone.id)

    Baca juga: Kominfo Buka Blokir Yahoo, Steam, CS Go dan Dota, PayPal Nyusul!

    Sebelumnya, Origin.com dan Epic Games menjadi 2 aplikasi terakhir yang belum dicabut blokirnya oleh Kominfo karena belum melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat. Kominfo bahkan harus meminta bantuan dari Kedubes AS di Jakarta untuk membantu proses komunikasi antara Kominfo dan pihak pengembang.

    Sementara itu, Epic Games menjadi satu-satunya aplikasi yang masih belum dinormalisasi oleh Kominfo. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai respon dari Epic Games, namun informasi terakhir pada 1 Agustus lalu menyatakan kalau Kominfo belum mendapat respon dari pihak Epic Games.

    7 aplikasi dan layanan PSE sempat dicabut aksesnya di Indonesia karena belum melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat, PayPal, Yahoo.com, CS Go, Dota dan Steam telah lebih dulu dinormalisasi pada 2 Agustus lalu.

    Baca juga: Hikmah YouTube Batal Diblokir: Menteri Johnny Curhat ke Deddy Corbuzier

    Pemblokiran aplikasi-aplikasi ini membuat warganet Indonesia geram, apalagi PayPal dan Steam menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh warganet. Kominfo bahkan harus membuka sementara PayPal karena banyak dana pengguna di Indonesia yang masih nyangkut di layanan tersebut.

    Tapi, normalisasi ini mungkin akan terus dilanjutkan karena PayPal sudah melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat sesuai dengan permintaan Kominfo.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini