home ×
Technology

Kominfo Cabut Blokir Internet di Kabupaten Nabire dan Dogiyai

07 September 2019 By
Kominfo Cabut Blokir Internet di Kabupaten Nabire dan Dogiyai
Share
Share
Share
Share

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah membuka blokir layanan internet di Kabupaten Nabire dan Kabupaten Dogiyai, Papua setelah kedua daerah tersebut dinyatakan kondusif.

"Pemerintah kembali membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut, terhitung mulai Jumat (6/9/2019) pukul 22.30 WIT," kata Kominfo melalui keterangan resmi, Jumat malam (6/9/2019).

Sampai saat ini terdapat 21 kabupaten di Papua yang sudah kembali bisa mengakses internet sejak diblokir pada 21 Agustus lalu. Blokir internet di 19 kabupaten lainnya telah dibuka sejak 4 September kemarin.

Kini hanya tinggal Mimika, Paniai, Deiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura, dan Yahukimo di Provinsi Papua yang belum bisa mengakses internet.

Kominfo sampai saat ini juga belum membuka blokir internet di Kota Manokwari, Kota Sorong, dan Kabupaten Sorong di Provinsi Papua Barat.

Menurut data Kominfo, sebaran hoax yang berkaitan dengan Papua menurun sejak 31 Agustus, per 6 September terdapat 6.060 URL yang menyiarkan hoax.

Puncak hoax terkait Papua terjadi pada 30 Agustus, Kominfo mencatat terdapat 72.000 URL. Sebaran hoax menurun menjadi 42.000 URL pada 31 Agustus dan kembali turun menjadi 19.000 pada 1 September.

Blokir internet di Papua dan Papua Barat dipicu oleh gelombang demonstrasi anarkistis sejak pertengahan Agustus. Pemicunya adalah penghinaan rasialis dan penangkapan sewenang-wenang terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

 

Berita Terkait:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article