icon-category Digilife

Kominfo Luncurkan Situs Informasi Publik Terpusat, Apa Fungsinya?

  • 24 Aug 2023 WIB
Bagikan :
Kominfo Luncurkan Situs Informasi Publik Terpusat, Apa Fungsinya?
Foto: Peluncuran Layanan Informasi 'info.go.id'/Uzone.id

Uzone.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan situs yang memudahkan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan informasi publik yang terintegrasi. 

Peluncuran situs bernama info.go.id ini dilakukan Rabu, (24/08) oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi bersama Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong.

Nantinya, masyarakat Indonesia bisa mencari informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kementerian dan lembaga-lembaga di Indonesia. Situs ini diharapkan menjadi pusat informasi publik yang mirip dengan situs foia.gov milik pemerintah Amerika Serikat.

“Saya rasa ada banyak fitur layanan yang dapat dipelajari dari foia.gov milik pemerintah Amerika Serikat,” tuturnya.

Saat ini, terdapat 27.400 aplikasi milik Kementerian lembaga daerah yang berpotensi saling tumpang tindih dan berdiri sendiri sendiri, termasuk aplikasi layanan informasi publik. 

“Dengan adanya aplikasi info sebagai one stop service for public information, masyarakat tidak perlu repot mencari lokasi Informasi Publik di setiap Badan Publik Negara dan cukup menggunakan satu aplikasi ini,” ujar Budi Arie.

“Melalui keberadaan satu aplikasi terintegrasi efisiensi belanja aplikasi dan pemantauan aktivitas layanan informasi publik secara nasional dapat lebih mudah tercapai. Tujuannya jelas, jadi lebih mudah, masyarakat juga publik juga lebih mudah untuk mengaksesnya,” tambah Budi.

Masyarakat nantinya hanya perlu mendaftar lewat situs ini dan tidak perlu lagi mendaftar akun lain ketika masuk ke aplikasi atau layanan informasi pemerintahan lainnya. 

Aplikasi info.go.id ini juga dibekali dengan fitur-fitur seperti berita terkini, peraturan-peraturan terbaru, acara-acara penting hingga informasi tentang layanan publik yang ada di sekitar kita.

Selain itu pengelola juga diminta untuk terus belajar berinovasi dan berbenah demi perbaikan sistem serta fitur-fitur tambahan untuk memudahkan masyarakat di masa yang akan datang.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini