icon-category Telco

Kominfo Mulai Uji Coba Koneksi Satelit SATRIA-1

  • 11 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.idSatelit Satria-1 mulai diuji coba menjelang pengoperasiannya pada akhir Desember ini. Rencananya, Satria-1 sudah bisa dimanfaatkan secara bertahap oleh masyarakat Indonesia pada Januari 2024 nanti.

Uji coba jaringan Satelit Indonesia Raya (Satria-1) ini dilakukan oleh BAKTI Kominfo di 6 lokasi berbeda yaitu Kota Manokwari, Kota Jayapura, Kota Ambon, Kota Batam, Kota Kupang, dan Kota Banjarbaru pada Jumat lalu, (08/12).

Melalui konferensi video, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mulai memastikan akses internet menggunakan jaringan SATRIA-1. Dari uji coba Zoom ini, Menkominfo menyatakan bahwa SATRIA-1 sudah berhasil terkoneksi dengan kota-kota tersebut.

"Dari Jayapura bagaimana sinyalnya oke? Dari Kupang? Mana lagi yang jauh, dari pulau-pulau? Dari Manokwari bagaimana?" ujarnya.

Hadir juga Dirut PT PSN Adi Rahman Adiwoso yang mengatakan pelaksanaan tahap uji coba SATRIA-1 ini merupakan sebagian tes dari uji layak operasi.

"Konferensi Zoom ini menggunakan Satelit Satria-1 dan jaringan Satria-1. Bisa dibuktikan bahwa semuanya sudah mulai jalan," ujarnya.

Setelah ini, tahap uji coba integrasi dan aktivasi Satria-1 diharapkan bisa selesai sebekum akhir Desember 2023 ini.

“Kita harap bisa selesai minggu depan secara teknis, disusul dengan masalah administrasi dan semoga sebelum Natal ada hadiah Natal pak," tambah Adi.

Satria-1 sukses meluncur pada 18 Juni 2023 menggunakan roket Falcon 9 SpaceX di Florida, Amerika Serikat. Berkapasitas 150 Gbps, satelit ini akan menghadirkan layanan internet di 50.000 titik fasilitas publik, terutama di wilayah terdepan, tertinggal dan terluar (3T). Fasilitas publik yang dimaksud adalah sekolah, rumah sakit, kantor pos, dan lain-lain.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini