icon-category Telco

Kominfo: Operator Siapkan 479 Ribu BTS Amankan Tahun Baru

  • 01 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik telekomunikasi.

    Bersama operator, Kominfo melakukan monitoring/pengecekan jaringan/pengukuran kualitas layanan telekomunikasi (quality of service/qos) di titik pusat keramaian/POI prioritas seperti airport/bandara, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall, tempat-tempat ibadah, rumah sakit, pusat perayaan tahun baru, dan jalur mudik.

    “Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, pemerintah meminta agar semua operator seluler meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi/QoS,” ujar Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, melalui keterangan resminya.

    Menindaklanjuti hal tersebut, operator seluler telah menyampaikan laporan tentang kesiapan mereka dalam menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 yang dimulai dari awal November 2019 sampai pertengahan Januari 2020.

    Baca juga: Smartfren Klaim Lonjakan Komunikasi di Ancol dan HI

    Setu menambahkan operator telah menyiapkan 479.125 unit BTS di seluruh Indonesia, untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

    Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Trafik Telkomsel Naik 26 Persen

    Mengerahkan 160 unit mobile BTS di titik-titik keramaian yang menjadi pusat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

    “Mengerahkan tim untuk melakukan pengukuran QoS dalam mengawal dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal dan tempat wisata.

    Tak hanya itu, operator juga Menyiagakan personil dan outlet-outlet maupun posko siaga 24 jam sejak awal November 2019 hingga pertengahan Januari 2020.

    “Melakukan patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar,” tambahnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini