home ×
Technology

Kominfo soal Kabar Internet Down 48 Jam: Tak Perlu Khawatir

13 October 2018 By
Kominfo soal Kabar Internet Down 48 Jam: Tak Perlu Khawatir
Share
Share
Share
Share

Kabar yang mengatakan internet dunia bakal down atau terganggu dalam 48 jam sampai di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Menanggapi isu itu, Kominfo meminta masyarakat tidak perlu khawatir secara berlebihan.

Dalam pernyataan yang diterima kumparan, Kominfo menjelaskan isu itu muncul karena pada 11 Oktober 2018 lalu ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), organisasi yang mengatur soal nama domain internet dunia dan alamat IP, melakukan pergantian key signing key (KSK) pada root server-nya.

Hal inilah yang kemudian disebut bakal membuat internet dunai terganggu selama 48 jam setelah dilakukan pergantian tersebut. Namun nyatanya, ICANN sendiri mengungkapkan hanya kurang dari 1 persen pengguna internet dunia yang akan terkena dampak dari pergantian ini.

Adanya pergantian hanya akan berpotensi memberikan dampak pada DNS (Domain Name System) resolver milik Internet Service Provider (ISP), yakni DNS yang berfungsi mencari alamat IP dan nama domain yang dituju.

"Menurut Ketua Umum PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) Andi Budimansyah, pergantian root server ICANN ini telah diantisipasi oleh pengelola nama domain di seluruh dunia sejak 2 tahun lalu. Artinya para ISP yg telah menggunakan DNS Resolver terbaru/terkini, tidak akan terdampak oleh pergantian KSK root server ICANN," tulis pernyataan Kominfo tersebut.

Meski begitu, Kominfo mengimbau para ISP Indonesia yang belum menggunakan DNS Resolver terkini agar tetap waspada agar pergantian yang dilakukan ICANN itu tidak berpotensi merugikan para pelanggannya.

"Kemkominfo mengimbau pengguna internet Indonesia tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan apa-apa untuk koneksi internetnya. Jika terjadi anomali harap hubungi ISP/provider yg mengelola DNS resolver-nya untuk memastikan DNS resolver-nya berjalan dengan baik," ujar Ferdinandus Setu, Plt Kepala Biro Humas Kominfo.

Imbauan agar masyarakat tidak perlu khawatir ini memang terbukti dari bagaimana saat ini internet dunia masih baik-baik saja meski sudah lebih dari satu hari pergantian itu dilakukan.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article