home ×
Digilife

Kominfo Tangani 3.640 Konten Berbau SARA Sejak 2018, Termasuk Paul Zhang

27 April 2021 By
Kominfo Tangani 3.640 Konten Berbau SARA Sejak 2018, Termasuk Paul Zhang
Share
Share
Share
Share

Paul Zhang (Foto: Tangkapan layar YouTube)

Uzone.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menangani konten berunsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) sebanyak 3.640 konten sejak tahun 2018.

Di dalamnya termasuk pemutusan akses terhadap 54 konten yang diduga mengandung muatan kebencian dan permusuhan, yang pertama kali diunggah oleh Joseph Paul Zhang,”

Penanganan konter berbau SARA itu terhitung dari tahun 2018 hingga Senin (26/4) pukul 14.00 WIB.

“54 konten diantaranya adalah konten yang pertama kali diunggah oleh Joseph Paul Zhang. Perlu kami informasikan juga konten yang telah di-takedown tersebut, meliputi konten yang ada kriterianya karena Kominfo pasti memiliki dasar untuk melakukan takedown,” ungkap juru bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi saat konferensi pers virtual dari Media Center Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (26/04/2021).

 Menurutnya, ada banyak pertanyaan yang masuk ke Kementerian Kominfo, apakah hanya konten Joseph Paul Zhang saja yang dilakukan pemblokiran?

"Jawabannya adalah tidak dan sore hari ini kami ingin meng-update beberapa hal yang sudah dan terus dilakukan oleh Kominfo untuk penanganan konten ujaran kebencian yang terkait dengan SARA ini,” kata dia.

Kominfo akan terus mengambil langkah tegas dalam menangani persebaran konten yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA.

“Kembali lagi kami tegaskan, Kominfo bertindak tegas di dalam menangani konten ujaran kebencian yang berbau SARA,” tandas Dedy.

VIDEO Unboxing POCO X3 Pro Seharga Rp3,9 Juta

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article