home ×
Telco

Kominfo: Telkomsel jadi Penyelenggara Jaringan 5G Pertama di Indonesia

24 May 2021 By
Kominfo: Telkomsel jadi Penyelenggara Jaringan 5G Pertama di Indonesia
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Indonesia akan memasuki era baru teknologi telekomunikasi modern 5G dengan diberikannya commercial operation permit. Pada 21 Mei 2021, Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) telah mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) alias commercial operation permit kepada PT Telkomsel (Telkomsel).

Commercial operation permit ini menandakan satu perkembangan yang signifikan dalam upaya penggelaran teknologi komunikasi, khususnya teknologi 5G di Indonesia. Penerbitan commercial operation permit atau SKLO didasarkan pada pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) pada 19-20 Mei 2021 di mana PT Telkomsel dinyatakan layak," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Senin (24/5).

Pada tahapan ULO, Kementerian Kominfo melakukan pengujian teknis atas sarana dan prasarana PT Telkomsel untuk melakukan penggelaran jaringan 5G.

"Penerbitan commercial operation permit menandakan kesuksesan persiapan PT Telkomsel untuk melakukan penggelaran jaringan 5G secara komersial yang khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHz, dalam rentang 2300 MHz sampai 2330 MHz," ungkap Johnny.

Tahapan ULO dan penerbitan commercial operation permit dilaksakan berdasarkan amanat dari Pasal 4 Peraturan Menkominfo No.5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi yang merupakan peraturan turunan Undang-Undang No.11 tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah No.46 tahun 2021 Tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaraan.

Karena itu, berdasarkan peraturan tersebut, tahapan ULO dan kepemilikan commercial operation permit adalah wajib bagi setiap penyelenggara telekomunikasi yang hendak melakukan perluasan jaringan akibat perubahan teknologi.

"Seiring dengan penyerahan commercial operation permit dari Kementerian Kominfo, PT Telkomsel akan menjadi penyelenggara telekomunikasi jaringan 5G pertama di Indonesia. Layanan 5G dari Telkomsel akan diluncurkan secara serentak pada 27 Mei 2021," kata Johnny.

Selanjutnya, layanan 5G dari Telkomsel dapat dinikmati secara terbatas dan bertahap di enam lokasi residensial di wilayah Jabodetabek, serta di kota-kota lain, seperti Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, dan Bandung.

"Tentunya, kota-kota berikutnya akan dilakukan pengembangan sesuai kesiapan kota dan keekonomian masing-masing kota yang bersangkutan," tutur Johnny.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article