icon-category Auto

Komparasi Adu Kuat Mobil Presiden Amerika vs China di KTT G20

  • 14 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Presiden Amerika, Joe Biden dan presiden China, Xi Jinping sama-sama mendatangi KTT G20 di Bali dengan menggunakan mobil kepresidenan masing-masing.

    Meskipun pihak penyelenggara sudah menyediakan Genesis G80 untuk para kepala negara di KTT G20, namun Biden lebih mempercayakan Cadillac One ‘The Beast’, pun begitu dengan Jinping yang menggunakan Honggi N701.

    Sebagai dua negara adikuasa, pilihan mobil kepresidenan jadi salah satu faktor penting untuk menungjang keselamatan dan keamanan para pemimpin negara.

    BACA JUGA: Toyota Berani 'Bermain' Harga Mobil Listrik Karena Pede Nama Besarnya

    Mobil-mobil tersebut dirancang khusus untuk melindungi kepala negara selama menjalankan aktifitas mobile kenegaraan.

    Nah, Amerika dan China sebagai sesama negara besar, pastinya concern terhadap mobil kepala negaranya, yang faktanya sama-sama dibuat di negaranya sendiri dan menggunakan merek negaranya masing-masing.

    The Beast-nya Biden memang diklaim sebagai mobil presiden paling aman sedunia, namun bukan berarti Honggi N701 yang sangat dirahasiakan spesifikasinya ini juga gak mumpuni untuk melindungi Jinping.

    Nah, mari kita komparasikan mobil presiden Amerika dan China ini, yang sama-sama digunakan di KTT G20 Bali.

    BACA JUGA: Toyota Luncurkan Mobil Listrik Perdana bZ4X Seharga Rp1,190 Miliar

    Cadillac One ‘The Beast’ Joe Biden

    Cadilac One diklaim sebagai mobil paling aman sedunia, dengan semua modifikasi khusus yang membuat bobotnya mencapai 9 ton.

    Bodi bongsornya karena ternyata limosin ini menggunakan platform sebuah truk GMC Topkick, sehingga bisa menawarkan ruang kabin ekstra luas, karena bisa menampung sampai tujuh penumpang.

    Mobil ini dibekali dengan pelat dan kaca tebal untuk menahan serangan peluru dari senapan mesin, roket dan timah panas yang keluar dari meriam tank. Keempat ban tetap bisa digunakan, meski dalam kondisi kempes.

    Bagian kaca juga telah dilapisi kaca tebal. Paduan itu membuat mobil ini tahan ledakan, granat, tembakan peluru, hingga rudal.

    Kabinnya juga dibuat kedap supaya siapa saja di dalamnya aman dari kontaminasi gas beracun.

    Saat kondisi darurat, di dalam The Beast juga telah disiapkan tabung oksigen, peralatan kesehatan darurat, senjata api ringan, hingga cadangan darah yang diperlukan oleh sang pemimpin negara.

    Di dalam The Beast juga terdapat banyak persenjataan yang disiapkan. Misalnya tersedia layar berasap dan gagang pintu yang dilengkapi dengan aliran listrik untuk menangkal para penyusup.

    Ada juga senapan angin, granat roket, peralatan night vision, hingga granat gas air mata dipercaya ada di dalamnya.

    Pemerintah Amerika Serikat sudah menandatangani kontrak dengan General Motors (GM) untuk membeli beberapa unit limo dengan spesfikasi yang sama seharga sekitar USD 15,8 juta atau setara Rp 235,3 miliar per unitnya.

    BACA JUGA: Gak Cuma TV, Polytron Kini Jual Motor Listrik EVO

    Honggi N701 Xi Jinping

    Honggi N701 menghabiskan biaya sampai Rp10 miliar untuk membuat mobil ‘pelindung berjalan’ presiden China ini.

    Mobil ini dirancang khusus untuk sang presiden dan hanya akan dibuat sebanyak 50 unit dalam 10 tahun kedepan, untuk menjaga kerahasiaan dan ekslusifitasnya.

    Jadi, meskipun kita bisa melihat tampilan dan sosoknya, namun urusan spesifikasi, sangat dirahasiakan, sehingga tidak ada keterangan resmi menyoal spesifikasi Honggi N701 tersebut.

    Tapi dari berbagai sumber yang beredar, limosin ini punya bobot mencapai 3 ton, karena beberapa bagian sudah diupgrade dengan material khusus untuk melindungi sang presiden. Konon, handle pintu-nya saja menggunakan material batu giok.

    Kendaraan roda empat mewah ini memiliki dimensi panjang 5.555 milimeter (mm), lebar 2.018 mm, wheelbase 3.435 mm, dan tinggi 1.578 mm.

    Untuk mesinnya, Honggi N701 kemungkinan dibekali sebongkah mesin berkonfigurasi V8 atau bahkan V12, berdasarkan produk terbaru Honggi LS7, yang menggunakan mesin V8 berkapasitas 4.000cc turbo bertenaga 360 Hp dan torsi 550 Nm.

    Tidak ada informasi lain mengenai spesifikasi dan fitur-fiturnya, namun seperti halnya mobil-mobil kepresidenan lain, diprediksi mobil Jinping punya sudah memenuhi standar keamanan kepala negara.

    Mulai dari bodi dan kaca mobil anti peluru, rangka anti ledakan, ban yang bisa tetap digunakan meski terkena berondongan peluru dan granat, serta masih banyak lagi.

    VIDEO Review Toyota bZ4X, Calon Mobil Listrik Terlaris?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini