icon-category Auto

Komparasi Lexus UX-300e vs Toyota bZ4X, Cuma Beda Rp200 Jutaan

  • 11 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Toyota

    Uzone.id - Sebelum mobil listrik perdana Toyota bZ4X diluncurkan, Lexus, yang merupakan brand mobil mewah Toyota sudah meluncurkan UX-300e.

    Kedua merek ini terpisah oleh ‘kasta’ dimana Toyota mendominasi segmen bawah sampai atas, sementara Lexus dikhususkan untuk segmen premium.

    Jadi, harga mobil-mobil Toyota diusahakan tidak lebih mahal dari harga mobil-mobil Lexus. Dan itu terbukti dengan banderol Toyota bZ4x seharga Rp1,190 miliar, lebih murah Rp270 jutaan dari harga Lexus UX-300e seharga Rp1,464 miliar.

    BACA JUGA: Toyota Berani 'Bermain' Harga Mobil Listrik Karena Pede Nama Besarnya

    Ekspektasi kami, harga jual Toyota bZ4X akan diposisikan di bawah Rp1 miliar, untuk mengamankan posisinya dari Lexus UX-300e. Tapi, ini berani sekali Toyota mepet-mepet harga Lexus.

    Pertanyaan besar pun muncul. Cuma beda harga Rp270 jutaan, mending beli Toyota bZ4X atau menikmati layanan VIP khas Lexus dengan membeli UX-300e?

    Komparasi Spek dan Fitur Lexus UX300e vs Toyota bZ4X

    Kedua mobil ini sama-sama berjenis SUV kompak, namun punya tampilan yang menunjukkan ciri khas masing-masing, termasuk tentunya emblem Toyota dan emblem L khas Lexus.

    Untuk spesifikasi sumber penggeraknya, Lexus UX-300e dibekali baterai Lithium-ion berdaya 54,35 kWh, dalam kondisi penuh bisa berjalan 300 km.

    Energi listrik dari baterai tersebut disalurkan ke motor listriknya yang menggunakan tipe AC permanent magnet dengan daya setara 201 hp, dan torsi 300 Nm.

    Sedangkan Toyota bZ4X mengandalkan baterai lebih besar berkapasitas 71,4 kWh, yang bisa mengajak mobil berjalan sejauh 500 km.

    BACA JUGA: Toyota Luncurkan Mobil Listrik Perdana bZ4X Seharga Rp1,190 Miliar

    Tenaga yang dihasilkan dari motor listrik tipe AC Synchronous itu menghasilkan tenaga 204 hp, dan torsi puncak 266 Nm.

    Dari spesifikasi tersebut, terlihat perbedaan antara kombinasi jarak tempuh dan output power dan torsi. Secara power kedua SUV ini mirip-mirip, tapi torsi bZ4X lebih kecil dari Lexus UX-300e.

    Konsekuensinya, tentu di jarak tempuh. Dengan menurunkan torsi, Toyota bZ4X bisa melaju 200 km lebih jauh dari Lexus UX-300e. Tapi dengan ‘tarikan’ yang kurang ngejambak seperti Lexus UX-300e.

    Lalu untuk urusan fitur keselamatan, kedua SUV 5 penumpang tersebut juga sudah sama-sama dibekali fitur keselamatan aktif, hanya beda di penamaan; Toyota Safety Sense dan Lexus Safety System +.

    Komparasi Layanan Purna Jual Toyota dan Lexus

    Setelah membeli mobilnya, layanan purna jual jadi pertimbangan selanjutnya yang bisa menentukan kepuasan pemilik mobil.

    Lexus, sebagai merek premium harusnya concern dengan hal ini. Karena itu mereka menyediakan ragam layanan purna jual yang memanjakan penggunanya.

    Lexus Indonesia senantiasa aktif membantu konsumen mereka selama 24 jam dalam tujuh hari dengan menyediakan Lexus Concierge Center.

    Tidak hanya itu saja, Lexus juga menghadirkan pelayanan purna jual seperti Lexus Mobile Concierge Service (LMCS) tersedia untuk pelanggan yang ingin melakukan servis ringan di rumah, kantor atau lokasi lain sesuai pilihan pelanggan.

    Juga Lexus Fast Assistance (L-FAST) yang sigap membantu dalam keadaan darurat seperti ban bocor atau mobil tidak bisa distarter.

    Dan tentunya Lexus Exclusive Parking Privilege yang hadir di beberapa lokasi di Jakarta yang memudahkan kebutuhan parkir pelanggan.

    Sementara Toyota, juga gak kalah menarik. Terbaru adalah program servis berkala T-Care mulai 1 Juli 2022. T-Care diberikan pada pelanggan yang membeli mobil baru untuk model-model tertentu dengan beberapa keuntungan.

    Salah satunya bebas biaya jasa sampai dengan servis berkala ke-7 atau maksimal 3 tahun/60.000 kilometer.

    BACA JUGA: Gak Cuma TV, Polytron Kini Jual Motor Listrik EVO

    Ada juga bebas biaya suku cadang sampai dengan servis berkala ke-7 atau maksimal 3 tahun/60.000 kilometer.

    Kemudian ada hadiah berupa extended warranty selama 1 tahun/20.000 kilometer sehingga total Toyota warranty Indonesia menjadi 4 tahun/120.000 kilometer, jika pelanggan rutin servis berkala setiap enam bulan.

    Khusus untuk mobil listrik, Lexus dan Toyota juga sama-sama bakal menyediakan infrastruktur pengisian baterai.

    Lexus Indonesia menghadirkan electric infrastructure dalam bentuk Lexus Exclusive Charging Network.

    Dimana nantinya lokasi pengisian baterai kendaraan listrik khusus Lexus terdapat di berbagai titik di Lexus Exclusive Parking Privilege dan Lexus Galleries.

    Melalui layanan ini, pelanggan dapat merasakan Omotenashi khas Lexus sambil menunggu pengisian baterai mobil dan tetap dapat beraktivitas dengan nyaman.

    Toyota pun sudah memberikan portable charger dan wall charger dalam paket pembelian bZ4X, dan akan memasang charging station di diler-diler, rest area tol, mall-mall, sambil terus melihat populasi mobil listrik yang banyak dimana, nanti akan ditempatkan charging station.

    VIDEO Review Toyota bZ4X, Calon Mobil Listrik Terlaris:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini