Komparasi Medium MPV: BYD M6 Tantang Toyota Innova Zenix Pakai Listrik
Uzone.id - Selama ini, Toyota Innova Zenix seolah melenggang sendirian. Namun begitu BYD menghadirkan medium MPV terbarunya, M6, maka keduanya langsung disandong-sandingkan.
Mengandalkan sumber penggerak listrik murni, BYD M6 seolah mencoba menantang Toyota Innova Zenix yang mengandalkan teknologi hybrid.Lalu mana yang terbaik diantara keduanya?
Dimensi Bodi
Kalau dari dimensi bodi, ukuran BYD M6 ini mirip Toyota Innova Zenix Hybrid. BYD M6 memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.690 mm, dan wheelbase 2.800 mm.
Sementara itu Toyota Kijang Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, dan wheelbase 2.850 mm.
Innova Zenix bodinya lebih panjang 45 mm, lebih lebar 40 mm, lebih tinggi 105 mm. Untuk wheelbase juga Innova Zenix lebih panjang 50 mm.
Perbandingan Dimensi | ||
Keterangan |
Kijang Innova Zenix |
M6 |
Panjang |
4.755 mm |
4.710 mm |
Lebar |
1.850 mm |
1.810 mm |
Tinggi |
1.795 mm |
1.690 mm |
Jarak Sumbu Roda |
2.850 mm |
2.800 mm |
Jarak Mobil ke Tanah |
185 mm |
170 mm |
Mesin
Bicara sumber tenaga, BYD M6 menggunakan motor listrik tunggal yang ditaruh di roda depan bertenaga 160 dk (Standar) dan 201Â dk (Superior) dan torsi maksimum 310 Nm (Standar dan Superior).
Sementara itu Toyota Kijang Innova Zenix dikasih mesin bensin 4-silinder 2.000 cc plus motor listrik (M20A-FXS).
Buat tenaga mesin bakarnya 150 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 187 Nm/4.400-5.200 rpm sedang motor listriknya 111 dk dan torsi 206 Nm.
Gabungan kerja dari mesin M20A-FXS dan motor listrik bersamaan secara sistem bisa menghasilkan tenaga sebesar 183 dk.
Kalau dibanding M6 Standar, Innova Zenix Hybrid unggul 23 dk. Namun, kalau dibanding M6 Superior, Innova Zenix kalah 18 dk.
Perbandingan Mesin | ||
Keterangan |
Kijang Innova Zenix |
M6 |
Mesin |
4 cylinders, in-line 16-Valve DOHC, chain drive Dual VVT-i |
- |
Isi Silinder |
1.987 cc |
- |
Diameter x Langkah |
80,5 x 97,6 |
- |
Sistem Bahan Bakar |
Direct Injection, Port Injection D-4S system |
- |
Tipe Motor |
- |
AC Permanent Magnet Synchronous Motor |
Jenis Baterai |
- |
BYD Blade Battery |
Kapasitas Baterai |
- |
554,4 kWH (Standar), 71,8 (Superior) |
Daya Maksimum |
150 HP / 6000 rpm (113 Motor) |
120 kw (160 HP)(Standar), 150 kw (201 HP) (Superior) |
Torsi Maksimum |
187 Nm/Â /4.400-5.200 rpm |
310 Nm |
Daya Jelajah
Untuk tipe BYD M6 Standard kapasitas baterainya 55,4 kWh sedangkan Superior 71,8 kWh. Dengan kapasitas baterai 55,4 kWh, tipe Standard bisa menempuh jarak hingga 420 km. Sedangkan tipe Superior lebih jauh, bisa mencapai jarak hingga 530 km.
Konsumsi BBM di rute kombinasi atau luar kota Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 52 liter ini mencetak angka 24,9 km/liter.
Jika dikalikan dengan kapasitas tangkinya yaitu 52 liter, maka Innova Zenix G Hybrid yang diisi full tank secara teori bisa menempuh jarak sekitar 1.294,8 km.
Fitur
Semua tipe BYD M6 dibekali fitur keamanan Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Parking Brake (EPB), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), dan Hill Hold Control.
Buat tipe Superior ditambah fitur keselamatan aktif (ADAS) seperti Adaptive Cruise Control, Autonomous Emergency Brake (AEB), Predictive Collision Warning (PCW), Blind Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Lane Departure Assist (LDA).
BYD M6 dibekali lampu depan multi-projector LED, pelek alloy 17 inci, cruise control, AC otomatis, NFC key card, push button start, keyless entry, layar infotainment 12,8 inci yang bisa berputar, panoramic sunroof, jok berventilasi dibalut kulit sintetis, wireless charging, Vehicle-to-Load (V2L), kamera 360 derajat, pintu bagasi elektrik, dan roof rail.
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid tipe G sudah pakai power steering elektrik (EPS), pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Power, digital AC dengan Dual Zone, 4 buah USB tipe C, immobilizer, ISOFIX, fitur Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH), Start Stop Button + Smart Entry, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA), jok fabric, dan layar TFT 7 inci.
Panoramic sunroof hanya ada di tipe V dan Q sedang fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense atau TSS baru ada di tipe Q.
TSS terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).
Tipe Q ini sudah pakai pelek alloy 18 inci dengan ban 255/50R18, punya 6 airbags (pengemudi, penumpang depan, side airbag, dan curtain side airbags), material pelapis jok jenis kulit sintetis two-tone, power back door dengan voice command, panoramic sunroof, dan captain seat with ottoman.
Terus tipe Q ini sudah dibekali 10 inch Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection yang dapat dioperasikan secara independen, paddle shift di setir, wireless charging, kamera parkir dengan panoramic view monitor, Blind Spot Monitor System (BSM).
Harga
Kijang Innova Zenix |
Harga |
M6 |
Harga |
2.0 G CVT |
Rp430.400.000 |
M6 Standard |
Rp379.000.000 |
2.0 G CVT (Premium Color) |
Rp433.400.000 |
M6 Superior |
Rp 419.000.000 |
2.0 V CVT |
Rp476.200.000 |
M6 Superior Captain |
Rp429.000.000 |
2.0 V CVT (Premium Color) |
Rp479.200.000 |
- |
- |
2.0 G HEV CVT |
Rp477.600.000 |
- |
- |
2.0 G HEV CVT (Premium Color) |
Rp480.600.000 |
- |
- |
2.0 V HEV CVT |
Rp541.750.000 |
- |
- |
2.0 V HEV CVT (Premium Color) |
Rp544.750.000 |
- |
- |
2.0 V HEV CVT Modellista |
Rp551.600.000 |
- |
- |
2.0 V HEV CVT Modellista (Premium Color) |
Rp554.600.000 |
- |
- |
2.0 Q HEV CVT TSS |
Rp620.750.000 |
- |
- |
2.0 Q HEV CVT TSS (Premium Color) |
Rp623.750.000 |
- |
- |
2.0 Q HEV CVT TSS Modellista |
Rp630.600.000 |
- |
- |
2.0 Q HEV CVT TSS Modellista (Premium Color) |
Rp633.600.000 |
- |
- |