home ×
Auto

Komparasi Mesin Honda Jazz vs City Hatchback, Serupa Tapi Gak Sama

07 March 2021 By
Komparasi Mesin Honda Jazz vs City Hatchback, Serupa Tapi Gak Sama
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Honda memutuskan untuk menghadirkan City Hatchback sebagai pengganti Honda Jazz. Pilihan mesin yang dipakai masih mirip dengan Jazz, yakni berkapasitas 1.500cc.

Sejatinya, di Thailand sana City hatchback punya pilihan mesin 1.000cc turbo. Secara tenaga mirip-mirip, tapi punya torsi yang jauh lebih besar.

Namun sepertinya, mesin 1.500cc lebih bisa diandalkan Honda. Meski kapasitas mesinnya sama, namun Honda mengklaim kalau mesin City Hatchback merupakan mesin dengan pengembangan terbaru.

BACA JUGA: Mandalika Racing Tim Kenalkan Batik di Bodi Motor Balap

"Mesin 1.500 pada City Hatchback sangat berbeda dengan Jazz, dan ini benar-benar pengembangan baru. Jazz masih menggunakan sistem SOHC, sementara City Hatchback sudah DOHC," kata Azumi Satoru Azumi, Large Project Leader of Honda City Hatchback Honda Motor Co., Ltd.

Dengan dukungan Double Over head Camshaft (DOHC), maka mesin terbaru ini diklaim lebih baik dari sisi torsi, tenaga, dan juga efisensi bahan bakar dibandingkan 1.500 Single Over Head Camshaft (SOHC) yang dipakai Jazz.

Secara kapasitas silinder detail pun, terdapat perbedaan sebesar 1cc, Jazz 1.497 sementara City 1.498. Pun begitu dengan tenaganya yang hanya beda 1 Hp. Jazz bertenaga 120 Hp, sedangkan City 121 Hp.

Sementara untuk torsinya, diatas kertas sama-sama bertorsi 145 Nm. Namun, City harusnya lebih unggul karena torsi tersebut bisa diraih pada putaran mesin lebih rendah, yakni 4.300 RPM, sementara Jazz 4.600 RPM.

"Power dan torsi maksimum memang sama dengan mesin 1.500 cc, tapi diputaran rendah mesinnya City Hatchback lebih unggul saat digunakan di perkotaan. Untuk efisiensi bahan bakar, mesin ini 3 persen lebih hemat," tambah Azumi.

Jadi meski sama-sama pakai mesin 1.500cc tapi kedua mesin ini punya karakter yang berbeda. Serupa tapi gak sama..

VIDEO Komparasi Honda Brio Satya vs Brio Urbanite:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article