icon-category Auto

Komparasi Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5, Debat Soal Penggerak RWD dan FWD?

  • 14 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Uzone.id

    Uzone.id - Peta mobil listrik di Tanah Air bisa berubah pasca kedatangan Toyota bZ4X. Dipastikan, merek-merek Korea dan China gak lagi bisa melenggang mulus.

    Sebelum kedatangan Wuling Air ev, Hyundai memimpin pasar mobil listrik dengan andalan Ioniq 5. Nah, Toyota bZ4X ternyata punya banyak kemiripan dengan mobil listrik Hyundai ini.

    Setelah kita komparasikan Toyota bZ4X dengan saudara kandungnya Lexus UX-300e, kini kita bandingkan dengan lawan diluar negaranya, Hyundai Ioniq 5.

    BACA JUGA: Toyota Luncurkan Mobil Listrik Perdana bZ4X Seharga Rp1,190 Miliar

    Komparasi Dimensi

    Toyota bZ4X punya dimensi panjang 4.690mm, sementara Hyundai Ioniq 5 panjangnya 4.635mm. Ternyata, bZ4X lebih panjang ketimbang Ioniq 5.

    Kemudian lebarnya. Toyota bZ4X punya lebar 1.860 mm, sedangkan Hyundai Ioniq 5 lebarnya 1.890 mm. Yess, sedikit lebih lebar dari mobil listrik Toyota.

    Tinggi Toyota bZ4X 1.600 mm dan tinggi Hyundai Ioniq 5 beda tipis, yakni 1.605 mm. Dan wheelbase Toyota bZ4X 2.850 mm sementara Hyundai Ioniq 5 wheelbase-nya 3.000 mm.

    Ground clearence Toyota bZ4X juga lebih tinggi, yakni 180 mm, berbanding Hyundai Ioniq setinggi 160 mm.

    Komparasi Spek Teknis

    Toyota bZ4X diberkali baterai berkapasitas 71,4 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil ini bisa melaju sejauh 500 km.

    Tenaga yang dihasilkan dari motor listriknya sebesar 204 PS dan torsinya 266 Nm dan bisa berakselarasi dari 0 sampai 100 km perjam dalam waktu 8,3 detik.

    Sementara Hyundai Ioniq 5 punya kapasitas baterai 72,6 kWh, yang bisa melajukan mobil ini sejauh 480 km.

    Tenaga yang dihasilkan dari motor listriknya sebesar 217 PS dan torsinya 350 Nm.

    Menariknya, Toyota mengandalkan sistem penggerak Single Motor Front Wheel Drive (FWD) alias penggerak roda depan, sedangkan Hyundai Ioniq 5 menggunaka sistem penggerak Single Motor Rear Wheel Drive (RWD) alias penggerak roda belakang.

    Kalau di mobil-mobil low MPV, pasti sudah pada debat nih soal penggerak roda depan vs penggerak roda belakang. Bagaimana kalau mobil listrik?

    BACA JUGA: Test Drive Hyundai Ioniq 5 untuk Harian

    Komparasi Fitur

    Kedua mobil ini sama-sama punya gimmick Panoramic Sunroof di atapnya. Kemudian, sama-sama menempatkan layar sentuh berukuran 12,3 inci di dasbornya.

    Begitu juga dengan fitur keselamatan aktif, dimana Toyota mengandalkan Toyota Safety Sense (TSS), sedangkan Hyundai Ioniq 5 punya Hyundai Smart Sense (HSS).

    Untuk hiburan kabin, Toyota menyuguhkan tatanan 9 speaker garapan JBL, sedangkan Hyundai gak kalah dengan 8 speaker garapan Bose.

    Komparasi Harga

    Nah sementara untuk harga jualnya, Toyota membanderol bZ4X seharga Rp1,190 miliar, sedangkan Hyundai Ioniq 5 termahal banderolnya Rp859 juta untuk tipe Signature Long Range.

    VIDEO Review Toyota bZ4X, Calon Mobil Listrik Terlaris?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini