icon-category Auto

Komparasi Wuling BinguoEV vs NETA V, Mana yang Layak Dibeli?

  • 26 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Ketika Wuling resmi meluncurkan mobil listrik terbarunya, BinguoEV, di sisi lain NETA V yang juga belum lama diluncurkan langsung kedapatan pesaing sepadan. Lalu, dari keduanya, mana yang layak untuk dibeli?

Dimensi

Wuling Binguo EV memiliki panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, tinggi 1.580 mm, dan jarak sumbu roda 2.560 mm. Dimensi ini beda tipis dengan NETA V yang punya panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.540 mm, dan jarak sumbu roda 2.420 mm.

Jadi secara ukuran, NETA V masih sedikit lebih pajang, namun BinguoEV lebih lebar, dengan tinggi keduanya yang terput tipis. Kemudian untuk wheelbase, BinguoEV lebih panjang ketimbang NETA V, sehingga berpengaruh ke karakter handling dan ruang kabin.

alt-img

Baterai dan Jarak Tempuh

alt-img

Wuling Binguo EV hadir dalam dua tipe, yang masing-masing dibekali baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 31,9 kWh dan 37,9 kWh. Baterai tersebut masing-masing bisa menempuh jarak 333 km dan 410 km.

Sedangkan NETA V hanya dibekali satu pilihan baterai Lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh yang bisa menempuh jarak 401 km.

Sekilas, NETA V punya kapasitas lebih besar dari kedua pilihan baterai BinguoEV, meski begitu, soal jarak tempuh, baterai BinguoEV lebih efisien, karena dengan kapasitas lebih kecil, bisa menawarkan jarak tempuh lebih jauh 9 km dari baterai NETA V.

Lama Pengisian Daya

alt-img

Wuling Binguo EV membutuhkan waktu pengisian 5,5 hingga 6,5 jam dengan charger 7,7 kW AC Charging pile. Sementara, jika menggunakan fast charging (DC Charging), pengisian daya dari 30-80 persen sekitar 30 hingga 35 menit.

Sedangkan untuk pengisian daya NETA V membutuhkan waktu 30 menit dari 30 persen hingga 80 persen menggunakan fast charging DC.

Performa

alt-img

Wuling Binguo EV dibekali motor penggerak yang menghasilkan tenaga 67 Hp untuk kedua tipe, sementara torsinya 150 Nm untuk tipe 333 km dan 125 Nm untuk tipe 410 km. Top speed masing-masing model adalah 120 km per jam dan 130 km per jam.

Sementara untuk motor penggerak yang digunakan NETA V mampu menghasilkan tenaga 93,8 Hp dan torsi 150 Nm. Tenaga tersebut bisa memacu NETA V sampai dengan kecepatan maksimal 100 km perjam.

Diatas kertas, terlihat kalau performa motor listrik NETA V lebih bertenaga dan punya torsi yang juga lebih besar, khususnya kalau dibandingkan dengan torsi BinguoEV tipe 410 km.

Sensasi Berkendara

alt-img

Meskipun sama-sama berjenis hatchback dan punya dimensi mirip, kedua mobil ini menawarkan karakter berkendara yang berbeda.

Untuk urusan akselarasi dan isian tenaga, kami lebih menyukai NETA V karena punya performa yang cukup dan lebih bertenaga. Meski begitu, untuk urusan handling, NETA V masih menyisakan gejala body-roll dan bantingan suspensi yang terlalu empuk dan mengayun.

Sementara Wuling BinguoEV, memang akselarasinya tidak seagresif NETA V, namun dalam urusan handling jauh lebih fun to drive dan juga punya bantingan suspensi yang pas, tidak keras pun tidak terlalu empuk yang membuat mobil jadi limbung dan mengayun.

Fitur-fitur

alt-img

Wuling Binguo EV turut dibekali teknologi dan fitur berkendara, mulai dari Cruise Control, Rear Parking Sensor dan Camera, ABS dan EBD, Electric Parking Brake dengan Automatic Vehicle Hold, Electronic Stability Control, hingga dual airbags depan.

Selain itu, ada juga beberapa fitur lain seperti Smart Start System, 4 full-range speakers, ISOFIX, Electric Adjustable Outside Mirror, Smart Start System dan Keyless entry, serta empat mode berkendara yang terdiri dari ECO, ECO+, Sport, dan Normal.

Kemudian, untuk NETA V menawarkan fitur-fitur unggulan seperti Keyless Entry, Electric Parking Brake (EPB), Rear Camera, Head Unit 14,6 Inci dan Meter Cluster 12 Inci.

Lalu ada juga sistem keamanan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake assist, Traction Control, Electronic Stability Control (ESC), Cruise Control, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Hill Start Assist ( HSA).

Harga

Soal harga, Wuling Binguo EV belum diumumkan tetapi sudah buka pemesanan dengan booking Fee Rp 5 juta. Mobil listrik ini dikabarkan akan dibanderol dengan kisaran harga Rp 300 juta sampai dengan Rp 400 juta.

Sementara NETA V saat ini dibanderol dengan harga Rp379 juta OTR DKI Jakarta.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini