Digilife

Komputer Pertama Apple Kembali Dilelang, Mulai dari Rp2,8 Miliar

  • 09 November 2021
  • Bagikan :
    Komputer Pertama Apple Kembali Dilelang, Mulai dari Rp2,8 Miliar

    Foto: Apple-1 di Computer History Museum in Mountain View, California/The Guardian

    Uzone.id - Salah satu dari komputer Apple generasi pertama akan kembali dilelang minggu ini. Diperkirakan harga lelangnya mencapai USD600 ribu atau sekitar Rp8,5 Miliar untuk satu unit saja.

    Tentu komputer pertama Apple ini akan menjadi barang berharga para kolektor, karena jumlah dari perangkat ini hanya 200 unit saja.

    Dikutip dari The Guardian, Selasa, (09/11/2021), Steve Wozniak, Steve dan Patricia Jobs serta Daniel Kottke hanya membuat 200 unit Apple-1 saja 45 tahun yang lalu di rumah Jobs yang terletak di Los Altos.

    Komputer ini dianggap sebagai ‘cawan suci’ bagi para kolektor teknologi vintage.

    Baca juga: Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Kembali Dilelang

    “Perangkat ini benar-benar menarik perhatian banyak orang,” kata Corey Cohen, seorang ahli Apple-1.

    Perangkat ini akan dilelang mulai hari ini, (09/11/2021) oleh John Moran Auctioneers dengan tawaran mulai dari USD200 ribu atau sekitar Rp2,8 Milyar. 

    Apple_1

    Namun, rumah lelang yang berbasis di California Selatan tersebut memperkirakan perangkat ini akan terjual jauh lebih mahal, mencapai USD400 ribu atau sekitar Rp5,6 Miliar bahkan bisa mencapai USD600 ribu atau Rp8,5 Miliar.

    Pelelangan ini bukan yang pertama terjadi untuk unit Apple-1, tahun 2014 lalu rumah lelang di New York telah menjual satu unit Apple-1 seharga USD905 ribu atau sekitar Rp12,8 Miliar.

    Model tersebut adalah satu dari 50 unit yang dijual ke ByteShop di Mountain View, California. Sebagai pemilik toko, Paul terrell awalnya tak menyukai komputer yang ia terima dari Jobs, karena ia berharap komputer tersebut siap dipasang dan digunakan pembeli.

    Tapi, siapa sangka jika komputer yang awalnya tak disukai tersebut malah jadi barang langka yang berharga dengan nilai jual tinggi.

    Komputer tersebut merupakan miliki profesor Chafee College yang kemudian dijual pada salah satu mahasiswanya, dan hingga sekarang mahasiswa tersebut masih memilikinya.

    Baca juga: Game Legend of Zelda Dilelang, Laku Rp12,6 Miliar

    Menurut rumah lelang, model tersebut merupakan satu dari 60 unit Apple-1 yang masih ada, menurut Times, dan salah satu dari 20 unit yang masih berfungsi hingga sekarang.

    Model ini adalah salah satu dari 6 model perangkat yang terbungkus kayu Koa, yang sejak saat itu menjadi lebih langka dan lebih mahal.

    Perangkat komputer ini hadir dengan monitor video Panasonic, salinan manual dasar dan panduan operasi Apple-1, manual pemrograman asli, dan dua kaset software Apple-1 dan 3 kabel antarmuka video, daya dan kaset asli.

    Beberapa tawaran sudah diterima oleh rumah lelang tersebut, dan menjadi pembicaraan karena telah diiklankan di papan Time Square.

    “Ketika kalian melihat barang-barang tertentu, kalian akan langsung tahu kalau barang itu akan menjadi pusat perhatian,” kata John Moran.

    “Dan Apple-1 menjadi salah satunya,” tutupnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini