Auto

Komunitas Honda Rebel (ROC) Jelang Usia 4 Tahun

  • 12 October 2021
  • Bagikan :

    Rebel Owner Community (ROC) (Foto: Instagram @roc_indonesia)

    Uzone.id - Rebel Owner Community (ROC), wadah Komunitas Honda Rebel di Indonesia, berdiri pada 5 November 2017 dan sebentar lagi akan masuk usia ke-4 tahun.   

    Untuk anniversary nanti, ROC akan menggelar hajat besar di Pangandaran, Jawa Barat. Pemilihan tempat tersebut salah satunya karena ROC sudah berkembang hingga ke daerah.

    "(Selain chapter Jakarta), ada chapter Jogja dan chapter Bandung," kata Barry, founder ROC sekaligus Big Bike Consultant Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), saat berbincang dengan Uzone.id melalui telepon, Selasa (12/10/2021). 

    BACA JUGA: Kawasaki Ninja ZX600 R Jadi Tongkrongan Ahmad Dhani Muda

    Di Pangandaran, kata Barry ROC juga akan mengumumkan kepegurusan baru untuk periode 2021-2023. Kemudian ada gathering tiga chapter ROC dan diskusi untuk rencana aktivitas 2021-2023 dengan menyesuaikan kondisi pandemi.

    ROC baru-baru ini memang sudah memilih Lulik Purwiranto sebagai Ketua Umum ROC 2021-2023 yang digelar secara offline dan online

    Barry mengatakan, sebelum pandemi Covid-19, ROC mengadakan kopi darat hampir setiap minggu. Kadang kumpul di Jetski Cafe, Pantai Mutiara; di Senayan City hingga di Puncak, Bogor.

    Kegiatan bakti sosial juga dilakukan ROC, seperti mengadakan santunan anak yatim piatu di sebuah hotel di Manggarai, Jakarta Selatan, saat buka puasa bersama. Pada acara ulang tahun ke-3 yang jatuh pada 5 November 2020, ROC juga melakukan kegiatan pembagian 1.000 masker dan sanitizer ke beberapa daerah.

    Selain melakukan turing di dalam negeri, ROC pernah melakukan turing hingga ke Malaysia dan Brunei Darussalam. Dalam waktu dekat, ROC akan turing ke Flores, Nusa Tenggara Timur, dengan diwakili oleh dua orang, Barry sendiri dan Firmansyah.

    BACA JUGA: Matinya Honda Jazz Bikin Mazda CX-3 Untung Besar

    "Yang lainnya Honda juga, tapi pakai CBR dan Afrika Twin," ucap Barry.

    Kemudian, bicara alasan ROC berdiri, Barry mengatakan saat itu dirinya melihat penjualan Honda Rebel cukup baik sehingga harus ada wadah komunitasnya.

    Akhirnya, ROC berdiri pada 5 November 2017 di Senayan City, Jakarta Selatan, yang dihadiri 10 founder. Saat itu, ROC masih beranggotakan 10-15 orang. Sekarang, ROC sudah punya 300 member, di mana yang aktif sekitar 170an orang yang terkumpul di WA Group.  

    Adapun keuntungan pemilik Honda Rebel masuk dalam ROC, kata Barry, bisa menambah jaringan, menambah relasi, dan akan banyak event yang dilakukan seperti sunmori, short touring, long touring hingga kegiatan sosial.

    Mengenai pandangan sebagian orang terhadap komunitas moge yang urakan, Barry mengatakan bahwa ROC dibentuk berdasarkan pada kekeluargaan.

    "Jadi, member turut mengajak istri dan anak juga ketika gathering. Pada saat ada acara besar, family diajak semuanya. Lebih berdasar kekeluargaan sih, Rebel itu," kata Barry.