icon-category Telco

Koneksi 4G Telkomsel Hadir di 14 Kapal Pelni, Pakai Jaringan Starlink

Bagikan :

Uzone.id - Bukan hanya memaksimalkan jaringan di jalur darat selama momen Ramadan dan Lebaran 2024, Telkomsel juga mengoptimalkan jaringannya di jalur laut. Dijelaskan VP Global Network Operation Telkomsel, Galumbang Pasaribu, perusahaan saat ini telah menerapkan jaringan 4G di kapal-kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero).

“Telkomsel sudah mengimplementasikan jaringan 4G LTE di Pelni. Ada 14 kapal Pelni yang sudah kita pasang 4G,” jelasnya, dalam press conference Telkomsel Siaga RAFI 2024.

Pada kesempatan yang sama, Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan, hadirnya jaringan 4G pada 14 kapal milik Pelni merupakan hasil kerja sama dengan Telkomsat dengan backbone jaringan dari perusahaan besutan Elon Musk, Starlink.

“Total ada 14 kapal dengan total 1.100 rute. Kita bekerja sama dengan Telkomsat dengan backbone LEO (low earth orbit) punya Starlink,” terang Saki.

Ia melanjutkan, “Ini usecase pertama yang kita deploy (bersama Starlink). Jadi saat sebelumnya pemudik harus berlayar berhari-hari tanpa internet, sekarang kita berikan yang terbaik.”

Kesiapan jaringan Telkomsel jelang Lebaran 2024

alt-img

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen Ramadan dan jelang Lebaran 2024, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia. 

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya). 

Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini