home ×
Lifestyle

Kontroversi Iklan Terbaru H&M yang Dituding Rasis

09 January 2018 By
Kontroversi Iklan Terbaru H&M yang Dituding Rasis
Share
Share
Share
Share

Merek fashion asal Swedia, H&M baru-baru ini telah membuat heboh masyarakat, khususnya pengguna media sosial setelah memasang iklan yang dianggap rasis.

Iklan tersebut menunjukkan foto anak berkulit gelap, sedang mengenakan hoodie atau sweater yang dilengkapi topi bertuliskan "Coolest Monkey In The Jungle" atau jika diartikan berbunyi "Monyet paling keren di hutan". Hal itu dapat dibuktikan dari unggahan akun Twitter @CharlesMBlow, pada Senin (8/1).

Dikutip dari Huffingpost, Selasa (9/1), bukannya menarik minat pembeli, iklan foto yang dipasang itu malah mendapat respons negatif dari netizen. Mereka menganggap foto itu adalah rasis dan terkesan mengolok-olok. 

Dalam unggahan itu, Charles menuliskan keterangan foto yang berbunyi, "Apakah kamu telah kehilangan pikiran terkutukmu?" serta tak lupa menandai akun Twitter resmi H&M. 

Tak hanya itu, unggahan tersebut juga mendapat banyak komentar dari warga berkulit gelap. Seperti pengguna akun Twitter @Mamasita_96 yang mengungkapkan iklan itu mengundah kemarahan banyak orang.

Beberapa masyarakat juga menganggap pihak H&M terlalu ceroboh dan kurang paham mengenai penggunaan konotasi negatif. Tak hanya itu, sejumlah netizen juga sempat menyuarakan pemboikotan merek fashion itu.

Kekesalan itu juga dirasakan oleh pemilik akun Twitter @RawkinsLizzie yang menyarankan sebaiknya perusahaan H&M bisa membuat iklan yang lebih baik, tanpa menyudutkan orang lain.

 

H&M rasis 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article