icon-category Digilife

KPU Nonaktifkan Situs dan Akun Pengguna Usai Dibobol Hacker

  • 30 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Usai dikabarkan mengalami kebocoran 204 juta data DPT, Komisi Pemilihan Umum pada hari Senin, (27/11) langsung menghubungi BSSN dan Polri untuk melakukan pengecekan terhadap sistem informasi yang disusupi oleh oknum peretas.

Diketahui sistem tersebut adalah Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Dari pantauan Uzone.id, hingga Kamis sore, (30/11), sistem tersebut mengalami maintenance dan tidak bisa dibuka.

alt-img

Selain melakukan perbaikan situs, KPU juga langsung menonaktifkan akun-akun pengguna Sidalih usai terjadi peretasan oleh oknum hacker bernama Jimbo.

KPU tidak langsung membenarkan adanya kebocoran data tersebut, namun pihaknya langsung melakukan analisa pada sistem dan server untuk mengetahui lebih dalam terkait hal tersebut.

“Berdasarkan hasil pengecekan bersama, saat ini beberapa analisis sedang dijalankan seperti analisis log akses, analisis manajemen pengguna, dan analisis log lainnya yang diambil dari aplikasi maupun server yang digunakan untuk mengidentifikasi pelaku, jika benar melakukan peretasan terhadap Sistem Informasi Data Pemilih,” kata perwakilan KPU dalam keterangan resminya, Rabu, (29/11).

Selanjutnya, KPU akan berkoordinasi dengan BSSN, Bareskrim, Pihak Pengembang, dan instansi terkait lainnya untuk mendapatkan data-data dan bukti-bukti digital terkait informasi data breach tersebut.

“KPU memberikan akses seluas-luasnya kepada tim tanggap insiden untuk bersama-sama melindungi dan mencegah terjadinya penyebaran data pemilih,” tambah pihak KPU.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini