icon-category Digilife

Kritik Pedas Netizen untuk Kerusuhan Laga Arema vs. Persebaya

  • 02 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto ilustrasi: Ist/Viva

    Uzone.id – Netizen Indonesia sedang dilanda amarah. Mungkin tidak semua orang datang langsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur semalam (1/10). Tapi, melalui media sosial, warga Indonesia kompak mengkritik pedas –bahkan mengutuk– kejadian nahas usai laga Arema FC melawan Persebaya.

    Sesaat kekalahan harus diterima Arema FC dengan skor 3-2 atas Persebaya Surabaya, para penonton turun ke tengah lapangan untuk menanyakan kenapa sampai kalah. Sayangnya, kejadian ini malah ramai dan dianggap rusuh.

    Pengamanan dari kepolisian setempat pun dilakukan untuk mencegah penonton lain juga ikut-ikutan masuk ke lapangan. Cara-cara dilakukan, mulai dari persuasif hingga yang dianggap fatal, sampai menggunakan gas air mata.

    Saking rusuhnya, banyak yang panik dan mencari pintu keluar. Tak ayal, para penonton berebut keluar menuju pintu 10 dan 12, hal ini mengakibatkan penumpukan dan membuat ratusan orang meninggal dunia.

    Hingga sampai saat ini, sekitar 127 orang yang dilaporkan tewas, namun ada juga yang melaporkan jumlah korban jiwa sudah mencapai 187 orang.

    Hal ini langsung mengusik perhatian netizen di Indonesia. Dalam pantauan Uzone, ada banyak keyword yang membanjiri linimasa Twitter dan trending topic wilayah Indonesia.

    Mulai dari “Iwan Bule”, “Gas Air Mata”, “Malang”, dan “Suporter”. Sedangkan dari platform trends24, keyword yang memenuhi linimasa Twitter sejak 1 jam lalu berisi “PSSI”, “FIFA”, “Kanjuruhan”, “Arema”, hingga “Polisi”.

    Total cuitan yang menyebut “Kanjuruhan” saja sampai berjumlah lebih dari 141 ribu twit.

     

    Netizen Indonesia pun mengekspresikan rasa amarah, kecewa, dan sedih terhadap peristiwa nahas ini melalui kritikan dan doa untuk para korban.

     

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini