Digilife

Kritik Warganet Soal Viralnya Panitia Tes CPNS Pakai Tema ‘Squid Game’

  • 22 October 2021
  • Bagikan :
    Kritik Warganet Soal Viralnya Panitia Tes CPNS Pakai Tema ‘Squid Game’

    Uzone.id -- Pengaruh serial ‘Squid Game’ gubahan Netflix tak hanya sebatas tren obrolan netizen di media sosial terkait permainan di dalamnya dan pamor tiap aktornya, namun juga sampai ke tingkat tes CPNS di Indonesia.

    Yup, kalian tidak salah baca.

    Di linimasa media sosial seperti Twitter cukup ramai pembahasan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham, Jawa Timur (Jatim). Di sana, para panitia dan pengawas proses tes CPNS mengenakan kostum yang merepresentasikan serial ‘Squid Game’.

    Baca juga: 'Squid Game' Pecahkan Rekor Netflix, Ditonton 111 Juta Kali

    Kostum berwarna pink, penutup kepala berwarna hitam lengkap dengan simbol persegi, bulat, dan segitiga, serta senjata senapan -- tentu hal ini hanya mainan plastik, bukan sungguhan.

    Dari foto-foto yang beredar di Twitter, mereka semua seakan mendalami peran sebagai Pink Soldier di ‘Squid Game’ dengan mengawasi tiap peserta sambil membawa senjata tersebut.

    Berbagai sumber lokal mengatakan, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono mengaku pihaknya menggunakan tema ‘Squid Game’ ini untuk menghadirkan suasana dan lingkungan yang unik selama proses tes. Mereka juga ingin mengurangi ketegangan di tengah peserta.

    Mungkin bagi peserta yang sudah menonton ‘Squid Game’, bisa jadi kehadiran panitia dengan kostum seperti itu memang menghibur dan membawa suasana lebih segar atau menyenangkan.

    Baca juga: Gara-gara 'Squid Game', Permen Dalgona Jadi Tren TikTok

    Lain halnya bagi peserta yang barangkali belum menyaksikan serial Korea Selatan tersebut. Bisa jadi malah semakin gugup melihat para panitia menutupi wajahnya dengan penutup kepala dan membawa senjata ke sana kemari.

    Tentu saja hal ini juga menyita perhatian netizen Tanah Air.

    Ada yang memujinya sebagai ide brilian.

    Namun, tak sedikit juga yang memberikan kritikan saat mengetahui ada pasukan ‘Squid Game’ di proses tes CPNS.

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini