icon-category Gadget

Kronologi Pemulihan Registrasi IMEI Pasca Kebakaran Gedung Cyber 1

  • 06 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi/Unsplash

    Uzone.id -- Peristiwa kebakaran yang dialami Gedung Cyber 1 pada 2 Desember 2021 mempengaruhi layanan proses identifikasi IMEI melalui Central Equipment Identity Register (CEIR) karena servernya berada di gedung tersebut.

    Meski hari ini, Senin (6/12) prosedur registrasi IMEI sudah kembali normal, tentu prosesnya tidak instan. Ada beberapa proses yang harus dilalui sejak insiden kebakaran terjadi.

    Dari pernyataan yang dibagikan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedy Permadi, berikut urutan kronologi pemulihan proses registrasi IMEI yang sempat mengalami tumbang hingga akhirnya kembali pulih.

    Baca juga: Kena Imbas Gedung Cyber 1 Terbakar, Registrasi IMEI Sudah Normal

    Kamis, 2 Desember 2021
    Pusat data atau server yang mengelola CEIR dan berlokasi di Gedung Cyber 1 mengalami shutdown, sehingga proses identifikasi IMEI melalui CEIR mengalami gangguan.

    Jumat, 3 Desember 2021
    Server CEIR sudah kembali mendapatkan pasokan aliran listrik.

    “Pemeriksaan awal turut dilakukan guna mengetahui kondisi server pasca pemadaman listrik yang dilakukan secara mendadak akibat kebakaran Gedung Cyber 1 Jakarta,” tutur Dedy dalam pernyataannya.

    Baca juga: Mesin CEIR Tidak Efektif untuk Blokir IMEI Bodong?

    Sabtu, 4 Desember 2021
    Dedy mengatakan bahwa aliran listrik dan koneksi internet untuk semua operator sudah berhasil tersambung, namun terdapat satu server yang masih mengalami gangguan, sehingga perlu mengganti perangkat.

    “Pengoperasian kembali aplikasi dimulai pada Sabtu pukul 22.00 WIB,” terangnya.

    Minggu, 5 Desember 2021
    Tercatat pada pukul 2.30 WIB, seluruh virtual machine dan aplikasi kembali beroperasi. Trafik pemeriksaan IMEI dari Equipment Identity Register (EIR) operator seluler sudah kembali terlihat masuk ke CEIR pukul 2.45 WIB.

    Sekitar pukul 12.30 WIB telah dilakukan verifikasi akhir yang mengindikasikan aplikasi CEIR, baik untuk trafik Cek IMEI dari EIR operator maupun penyaluran data pada Kementerian Perindustrian, Kominfo, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dapat dipastikan sudah berjalan normal kembali.

    VIDEO: 5 Fitur Baru Instagram, Ada yang Bisa Nobar!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini