icon-category Gadget

Kuartet iPhone 14 Series Melenggang Resmi

Uzone.id - Penantian fanboy Apple terbayar sudah. Kuartet iPhone 14 Series akhirnya dirilis juga, yakni iPhone 14 standar, 14 Plus, 14 Pro dan model tertinggi iPhone 14 Pro Max.

Sesuai prediksi, iPhone 14 dan 14 Max masih mengusung desain yang kurang lebih sama dengan generasi sebelumnya. Layar kedua smartphone ini masih berponi, meski ukurannya telah diperkecil oleh Apple.

Sementara iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, benar-benar membawa ubahan desain yang masif, terutama pada bagian depannya. Untuk pertama kalinya, Apple menerapkan desain punch hole pada iPhone generasi terbarunya.

Apple menyebut lubang kamera ini sebagai 'Dynamic Island'. Alan Dye, VP Human Interface mengatakan, Dynamic Island dapat berubah-ubah secara dinamis, tergantung interaksi yang dilakukan oleh pengguna.

"Bisa melebar ketika terhubung ke AirPods, mematikan notifikasi atau saat iPhone melakukan pengisian daya. Saat Face ID menyala, navigasi lokasi, bentuknya juga akan berubah secara mulus," katanya dalam Apple Event 2022, Kamis (8/9).

Lubang kamera ini menjadi tempat buat komponen TrueDepth Camera untuk Face ID yang lebih baik dan kamera selfie 12MP yang sudah ditingkatkan kemampuannya. Kamera selfie ini sudah dilengkapi autofokus dan dapat menghasilkan foto low-light minim noise dengan kualitas yang lebih baik dari iPhone 13 Pro Series.

iPhone 14 standar dan versi Pro sama-sama mengusung layar Super Retina XDR OLED berukuran 6,1 inci, sementara iPhone 14 Plus dan 14 Pro Max dibekali dengan layar berukuran 6,7 inci. 

Khusus varian Pro dan Pro Max, sudah mendukung refresh rate 120Hz yang adaptif hingga 1Hz, HDR10 dan Dolby Vision. Sementara iPhone 14 standar dan 14 Plus masih menggunakan panel layar 60Hz.

Di bagian belakang, Apple memberikan perubahan minor. Bingkai kamera keempat iPhone 14 terbaru ini lebih besar dengan lingkaran modulnya yang lebih tebal, khususnya untuk iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Penyebabnya, kedua iPhone terbaru ini mengusung kamera utama dengan sensor 48MP. Kamera ini lebih powerful, lantaran dilengkapi dengan teknologi sensor-shift OIS untuk perekaman video super stabil dan pemotretan malam yang detail.

“iPhone 14 Pro membawa era kamera baru untuk jajaran seri iPhone,” jelas Greg Joswiak, Apple’s senior vice president of Worldwide Marketing.

iPhone 14 Series sendiri ditenagai oleh dua jenis prosesor. Apple A15 Bionic seperti seri terdahulu pada iPhone 14 dan 14 Plus, sementara varian 14 Pro dan 14 Pro Max sudah menggunakan prosesor Apple A16 Bionic.

Fitur lainnya yang serentak dihadirkan pada iPhone 14 Series adalah Emergency SOS melalui satelit. Dengan koneksi ke satelit, kendala seperti tidak terhubung ke jaringan akibat berada di bukit berbatu dan tempat yang jauh, tak lagi terjadi.

Dengan ini, pengguna pun bisa meminta bantuan darurat kepada pihak terkait secara langsung melalui koneksi satelit. Menariknya, pengguna bisa mengatur posisi iPhone mereka agar sejajar dengan posisi satelit untuk melakukan komunikasi secara seamless.

Seluruh iPhone generasi terbaru ini akan tersedia untuk pre-order pada 9 September mendatang, dengan penjualan perdana pada 16 September 2022.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini