home ×
Food

Kuliner Wajib kalau Main ke BSD, Soto Betawi H. Mamat!

15 May 2018 By
Kuliner Wajib kalau Main ke BSD, Soto Betawi H. Mamat!
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Sebagai warga Tangerang Selatan, rasanya harus usaha setengah mati membujuk sejumlah teman yang berdomisili di Jakarta hingga Bekasi untuk mau berkunjung ke daerah BSD di akhir pekan. Alasannya jauh, katanya.

Padahal salah satu niat gue adalah mengajak makan di salah satu tempat legendaris, yaitu Soto Betawi H. Mamat.

Nama Soto Betawi H. Mamat sebetulnya nggak asing lagi di telinga para pencinta kuliner. Rumah makan ini dari zaman baheula nggak pernah direnovasi menjadi desain kekinian atau modern. Tetap sederhana.

Sekarang Soto H. Mamat ada di beberapa lokasi. Biasanya orang-orang tahunya rumah makan ini bersemayam di jalan raya BSD yang dekat dengan ITC. Jarang sepi, jadi harus bersabar kalau ke sini. Kalau bisa, jangan lewat dari jam 3 sore, gaes karena biasanya sudah tutup.

Soto H. Mamat juga buka di pinggir jalan Rawa Buntu, dekat Kencana Loka BSD, serta buka juga di Aeon Mall BSD.

Tempat makan ini menyediakan menu soto khas betawi, seperti soto daging, sop daging, oseng-oseng daging, empal, hingga soto ayam, dan gado-gado.

Terakhir kali gue ke sana beberapa hari lalu, gue memesan nasi, oseng daging dengan kuah santan, daging empal, serta gado-gado. Banyak, ya? Ha ha ha.

Tapi ya, memang signature dari Soto Mamat adalah menu yang berbau daging gaes, jadi rekomendasinya ya sudah pasti soto atau oseng daging.

Tahu nggak, hal yang selalu gue kagumi dari Soto Mamat? Pelayanannya cepet banget. Jarang gue menemukan diri gue ngedumel sendiri karena makanan lama datang.

Nggak sampai 5 menit, nasi bertabur bawang goreng disajikan di meja. Nggak lama kemudian, menyusul pesanan lainnya.

Daging dengan kuah santannya dipisah. Kamu pun bebas mau menambahkan sambal atau racikan lainnya ke dalam kuah jika ingin lebih pas sesuai lidah. Nggak perlu ditanya lagi gaes, nikmat buanget soto ini. Hangat, daging empuk nggak bikin gigi ngilu, lengkap dengan emping yang disediakan. Kalau kamu asam urat, harus kontrol diri ya, jangan kebanyakan makan emping he he.

Sebagai tambahan, empal dagingnya juga nggak kalah empuk. Dagingnya moist banget, mudah dikunyah, dan disajikan dengan cara nggak terlalu kering gitu. Sebagai penggemar segala jenis empal, empal Mamat ini termasuk yang gue suka. Sementara gado-gado, rasanya juga cukup enak namun porsinya lebih tepat untuk dua sampai tiga orang karena banyak banget.

Soal harga, Soto Mamat terbilang terjangkau. Untuk menu oseng daging, harganya Rp37 ribu. Sementara empalnya Rp33 ribu. Kalau kebetulan seperti gue yang ingin ada sentuhan sayuran seperti gado-gado, harganya juga nggak mahal-mahal amat. Gado-gado di Soto Mamat harganya Rp25 ribu.

Jadi, kapan mau nemenin gue ke Soto H. Mamat, gaes? He he he.

 

Alamat Soto Betawi H. Mamat di BSD

- Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten

- Jl. Raya Rawa Buntu No.135, Rw. Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten

- AEON Mall BSD City, lantai 3F

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article