Auto

Kupas Fitur Wuling Cortez CT, Pilihan MPV Buat Liburan Akhir Tahun

  • 09 December 2019
  • Bagikan :

    Foto: Uzone.id

    Uzone.id - Mobil keluarga seolah jadi benda yang wajib jelang tutup tahun, karena biasanya banyak dipakai untuk liburan. Dan jenis yang paling banyak pastinya sebuah MPV.

    Dipasaran, banyak banget MPV yang sebenernya asik-asik aja buat dipakai liburan, tapi namanya mengajak keluarga, setidaknya ada beberapa pertimbangan khusus agar liburannya berkesan, fun, juga aman.

    Beberapa syarat MPV pilihan buat liburan diantaranya harus punya fitur keamanan yang mumpuni, karena tau sendiri kan, insiden di jalan, khususnya jalan tol semakin sering terjadi.

    Baca juga: Wuling Cortez Kini Tersedia Mesin Turbo

    Sehingga, selain keahlian dan kesadaran pengemudi, mobilnya juga wajib ditunjang sejumlah fitur pendukung keamanan.

    Nah, Wuling Cortez CT coba menawarkan semua kebutuhan MPV untuk liburan. Dimulai dari harganya yang terjangkau dikelasnya, tapi punya kenyamanan yang boleh diadu.

    Selain itu, gak cuma performa mesin yang menyenangkan karena sudah didukung turbo, sejumlah tawaran fitur-fiturnya juga lumayan lengkap untuk sebuah mobil dibawah Rp300 jutaan.

    Nah, mari kita bahas fitur apa aja yang terdapat pada Wuling Cortez CT dan selayak apa MPV ini dipakai untuk liburan akhir tahun.

    Lampu LED dan DRL

    Mau jalan siang atau malam, bebas-bebas aja kalau pakai Wuling Cortez CT, walau tetap disarankan setiap 2 jam beristirahat.

    Tipe tertingginya, yakni tipe Luxury, sudah dibekali pencahayaan projector LED, lebih hemat daya dan terang tapi gak menyilaukan.

    Dan didukung juga DRL, yang selain ngebuat tampilan mobil lebih keren, juga lebih mencolok di jalan saat siang hari karena lampunya selalu nyala.

    Rem ABS EBD dan BA

    Sudah seharusnya semua mobil baru yang dijual wajib mengusung ketiga fitur pengereman ini; Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) juga Brake Assist.

    Apalagi kalau mobilnya sebuah SUV, sistem rem yang tidak mengunci saat terjadi pengereman darurat masih belum cukup, karena distribusi bobot saat terjadi pengereman ekstrem juga harus seimbang, sehingga penumpang tetap aman dan nyaman.

    HHC, AVH dan ESC

    Sementara Hill Hold Control (HHC) dan Automatic Vehicle Holding (AVH), membantu pengemudi saat harus menghadapi tanjakan dalam kondisi macet misalnya. Fitur ini memungkinkan mobil gak nyelonong mundur dan menabrak jajaran mobil lalin di belakangnya.

    Bedanya apa antara kedua fitur tersebut? Sejatinya, keduanya sama-sama berfungsi untuk menahan laju mobil. Bedanya, kalau HHC menahan laju mobil dalam beberapa detik saja, sedangkan AVH tanpa batasan waktu.

    Sementara Electronic Stability Control (ESC) membantu menjaga traksi semua roda pada permukaan jalan tetap optimal, guna menghindari under dan over steer, yang pastinya membahayakan untuk sebuah mobil keluarga.

    Electric Parking Brake

    Fitur ini sepele tapi berguna dan ngebuat pengemudi betah karena anti ribet. Saat mau parkir, gak perlu menarik-narik tuas rem tangan, karena tinggal menyolek tombol P yang terdapat di konsul tengah.

    Asiknya lagi, dengan adanya fitur ini, kita gak perlu khawatir kelupaan melepas rem parkir saat mau melaju, karena secara otomatis akan melepas rem begitu pedal gas diinjak.

    Sensor dan Kamera Parkir

    Dan karena MPV biasanya punya bodi yang bongsor, sensor (biasanya untuk parkir) masih sangat efektif untuk ngebantu pengemudi agar bisa mengendalikan keseluruhan bodi mobil dengan lingkungan sekitar.

    Dan Wuling menawarkan sensor parkir baik di depan dan belakang mobil, jadi lewat jalan sempit maupun parkir lebih gampang.

    Bahkan, untuk mempermudah parkir dan melewati jalan yang sempit, tersedia kamera parkir yang bisa memantau kondisi di belakang.

    Fitur pemantau tekanan ban

    Terakhir yang gak kalah penting dan mulai jadi tren mobil-mobil kekinian adalah sensor untuk memantau tekanan angin ban.

    Tekanan angin ban berpengaruh banyak terhadap mobil, baik dari sisi efisiensi bahan bakar, sampai keamanan, karena gak jarang insiden terjadi karena tekanan angin pada ban yang gak sesuai standar.

    Nah, fitur yang dinamakan Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) membantu pengemudi untuk memantau tekanan angin ban agar selalu dalam kondisi ideal sesuai standar.

    Selain bisa memantau, fitur ini juga bisa memberikan peringatan kalau tekanan angin ban ada pada kondisi gak ideal, melalui indikator pada MID.