Gadget

Kupas Tuntas Samsung Galaxy A51 dan A71

  • 30 January 2020
  • Bagikan :
    Kupas Tuntas Samsung Galaxy A51 dan A71

    Uzone.id - Jika berbicara tentang salah satu merek smartphone terpopuler dan kualitasnya dipercaya oleh masyarakat, tentunya kita tidak bisa lepas dari Samsung. Saat ini, Samsung dikenal sebagai produsen smartphone terbesar di Dunia.

    Di masa sekarang, Samsung menjadi sebuah pilihan terbaik bagi orang-orang yang menginginkan produk berkualitas. Setiap meluncurkan produk terbaru (terutama seri terpopulernya yaitu Galaxy) tentulah selalu menjadi buruan para konsumen, termasuk di Indonesia.

    Hal ini juga turut terjadi ketika Samsung akan segera meluncurkan produk terbarunya, yakniSamsung A71. Meski punya desain dan bentuk hampir serupa dengan Samsung A51 (dirilis di bulan Oktober 2019 lalu), produk yang masa pemesanannya diumumkan Samsung dibuka pada tanggal 20-27 Januari 2020 ini tetap menarik perhatian konsumen.

    Jika melihat merek Samsung yang telah menjadi sebesar sekarang ini, tentunya kita tidak akan menyangka bahwa hal tersebut telah melalui proses panjang. Yap, perjalanan yang harus dilalui Samsung hingga mereknya menjadi sebesar sekarang tidaklah mudah.

    Baca juga: Hasil Foto Makro Menggunakan Galaxy A51

    Perjalanan perusahaan asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 1938 ini menjadi produsen smartphone di Dunia ini membutuhkan waktu relatif panjang. Sejak dekade 90-an, Samsung sebenarnya telah merilis handphone sebagai bagian dari pengembangan produknya.

    Meningkatnya popularitas Samsung dimulai ketika memasuki era smartphone pintar. Pada tanggal 27 April 2009, Samsung meluncurkan smartphone dengan sistem operasi Android pertamanya, yaitu Samsung i7500.

    Smartphone ini menawarkan layar sentuh AMOLED berukuran 3.2 inci. Sistem operasi Android yang digunakan pada handphone ini adalah OS Android Cupcake 1.5.

    Setelahnya, keberhasilan smartphone Samsung dengan menggunakan sistem Android dimulai dengan peluncuran Samsung Galaxy S. Smartphone ini diluncurkan oleh Samsung pada Bulan Maret 2010. Ketika itu, tingkat penjualan smartphone ini diketahui cukup tinggi dan meningkatkan popularitas merek Samsung.

    Pada bulan Januari 2011, Samsung berhasil menjual smartphone ini sebanyak 10 juta unit. Keberhasilan tersebut pun terus berlanjut pada produk smartphone Samsung setelah Galaxy S. Beberapa produk smartphone Samsung yang sukses lainnya yaitu Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III.

    Tak hanya itu, beberapa smartphone Galaxy lainnya juga memperoleh sambutan tinggi di pasaran. Produk-produk yang tersebut seperti Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young, dan Samsung Galaxy Note.

    Baca juga: Samsung Pamer Pesaing AirDrop Apple Barengan Galaxy S20?
    Pada akhirnya, seri Galaxy yang menggunakan sistem operasi Android ini akhirnya turut membesarkan merek Samsung di ranah smartphone, termasuk di Indonesia sendiri. Salah satu produk terbaru dari seri Galaxy yang dirilis adalah Samsung A71.
    Meski diniliai punya tampilan serupa dengan Samsung A51, nyatanya Samsung A71 telah mempunyai berbagai pembaruan yang membuat performanya menjadi lebih optimal. Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan yang terdapat pada Samsung A51 dan Samsung A71!
    Layar
    Samsung A71 diketahui hadir dengan layar besar 6,7 inci, sedangkan Samsung A51 masih mengusung layar berdiagonal 6,5 inci. Adapun untuk resolusi layarny, Samsung A71 dan Samsung A51 sama-sama mempunyai kualitas setara yakni FHD+ atau 1.080 x 2.400 piksel.

    Akan tetapi, Samsung A51 punya kerapatan layar lebih padat, yaitu 405 ppi, sedangkan Samsung A71 sebesar 393 ppi. Selain itu, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini juga menggunakan teknologi Super AMOLED yang menawarkan pengalaman menonton dan bermain game jauh lebih baik dengan kecerahan serta kontras warna sempurna pada layarnya.

    Panel Samsung A71 dan Samsung A51 juga sama-sama telah dilapisi lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass generasi ketiga.

     

    Foto: Uzone.id

    Yang lebih menarik, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini juga mengusung desain layar terbaru yakni, Infinite-O Display yang tidak hanya elegan, namun juga menciptakan kesan luas. Dengan Infinite-O Display simetri visual pada layar kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini pun menjadi semakin optimal.

    Desain kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini dirancang untuk meminimalkan bezel dan memaksimalkan setiap inci ruang layar untuk aktivitas browsing, streaming, ataupun aktivitas multi-tasking lainnya dengan lancar tanpa gangguan.

    Pada bagian belakang Samsung A71 dan Samsung A51, keduanya memiliki desain yang sama, yaitu menyuguhkan empat sensor kamera yang tersusun berbentuk huruf “L” dengan dilengkapi dengan LED Flash.

    Ini adalah susunan kamera baru yang diberikan Samsung pada produk-produk smartphone terbarunya untuk memberikan tampilan orisinal serta unik. Sementara corak cover bagian belakang kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini hadir dengan desain berbentuk seperti pecahan kaca, dengan warna yang terbilang cukup unik dan trendi.

    Baterai

    Pertumbuhan smartphone sebagai perangkat untuk melakukan berbagai aktivitas (online maupun offline) turut menjadikan performa tinggi dan kemampuan fast charging sebagai faktor penentu ketika setiap orang mencari gawai.

    Secara umum, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini sama-sama dibekali baterai berkapasitas besar dengan kemampuan fast charging. Meski begitu, ketika ditelusuri lebih jauh, perbedaan kapasitas baterai antara kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini ternyata cukup signifikan.

    Samsung A71 diketahui menggunakan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Sedangkan Samsung A51 berkapasitas baterai lebih kecil yaitu 4.000 mAh. Selain kapasitas besar, yang tak kalah penting adalah kemampuan fast charging.

    Nah, pada bagian ini ternyata juga ada perbedaan yang cukup kentara antara Samsung A51 dan Samsung A71. Jika daya fast charging Samsung A51 adalah 15W, maka Samsung A71 dibekali fast charging yang jauh lebih maksimal yaitu 25W. Tidak perlu berlama-lama jauh dari smartphone saat sedang pengisian baterai dengan fitur fast charging dari Samsung A71 deh.

    Prosesor

    Di bagian dapur pacu smartphone, yaitu prosesor, baik Samsung A51 dan Samsung A71 ternyata juga mempunyai perbedaan. Adapun, smartphone Samsung A51 dibekali chipset Exynos 9611 (10nm). Sedangkan, smartphone Samsung A71 didukung dengan Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm) sebagai chipset-nya.

    Selain itu, pada bagian CPU dan GPU ternyata juga terdapat perbedaan. Smartphone Samsung A51 diketahui dilengkapi CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53). Sedangkan, smartphone Samsung A71 menggunakan CPU Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver).

    Pada bagian GPU, smartphone Samsung A51 menggunakan Mali-G72 MP3. Sedangkan, smartphone Samsung A71 memiliki GPU Adreno 618.  Adapun, untuk sistem operasi, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini sama-sama menggunakan Android 10.0; One UI 2.

    RAM dan Kapasitas Penyimpanan Internal

    Smartphone Samsung A51 diketahui hadir dengan tiga pilihan dukungan kapasitas penyimpanan internal dan RAM, yaitu 64 GB/ 4 GB, 128 GB/4 GB, serta 128 GB/6 GB.  Adapun, smartphone Samsung A71 diketahui mempunyai dua pilihan dukungan kapasitas penyimpanan internal dan RAM, yakni 128 GB/ 6 GB, dan 128 GB/ 8 GB.

    Menariknya, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini telah memiliki slot microSD untuk penyimpanan eksternal (up to 1 TB). Selain itu, pilihan warna yang tersedia pada smartphone Samsung dari seri Galaxy ini juga sama, yakni Prism, Crush Black, Silver, Blue, dan Pink.

    Kamera

    Kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini diketahui hadir dengan konfigurasi empat kamera belakang berkualitas tinggi. Baik Samsung A51 dan Samsung A71 sama-sama menghadirkan kamera utama, Ultra-Wide, Makro dan kamera Depth. Keempat kamera tersebut dikombinasikan dengan fitur cerdas untuk menangkap semua hal yang kamu alami dengan detail.

    Berikut ini konfigurasi empat kamera belakang yang terdapat di smartphone Samsung A51:

    Konfigurasi kamera Samsung A51:

    • 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF
    • 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm
    • 5 MP, f/2.4, 40mm (telephoto), dedicated macro camera
    • 5 MP, f/2.2, 1/5.0", 1.12µm, depth sensor

    Sedangkan, pada Samsung A71, inilah konfigurasi empat kamera belakangnya:

    Konfigurasi kamera Samsung A71:

    • 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7", 0.8µm, PDAF
    • 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm
    • 5 MP, f/2.4, (wide), dedicated macro camera
    • 5 MP, f/2.2, 1/5.0", 1.12µm, depth sensor

    Dari komparasi konfigurasi kamera tersebut, Perbedaan utamanya adalah kamera utama smartphone Samsung A71 menggunakan sensor 64MP, sedangkan pada Samsung A51 memakai sensor 48MP.

    Pada sensor kamera sisanya, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini mempunyai spesifikasi yang sama persis. Kamera Ultra-Wide beresolusi 12MP dari kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini sama-sama memiliki sudut lensa 123 derajat.

    Sedangkan kamera makro dengan resolusi 5MP pada kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini membawa objek ke fokus yang sangat jernih untuk menangkap detail. Sementara kamera Depth beresolusi 5MP dari kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini membuat subjek tampil lebih menonjol menggunakan efek Live Focus.

    Selanjutnya, fitur penting yang juga telah terdapat, baik di Samsung A51 maupun Samsung A71 adalah Video Super Steady. Pengguna pun dapat merekam video petualangan dengan lancar dan stabil. Dengan fitur Video Super Steady, kamu tidak perlu tanpa menambahkan gear tambahan atau gimbal ketika merekam video dengan kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini.

    Selain itu, untuk kebutuhan selfie, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini juga sama-sama dibekali kamera depan beresolusi 32MP. Ada juga fitur LED flash, panorama, dan HDR. Hanya saja, untuk kualitas perekaman video, Samsung A71 diketahui lebih unggul dari Samsung A51.

    Kemampuan merekam video pada Samsung A71 telah mencapai kualitas 2160p@30fps. Sedangkan Samsung A51 hanya mampu mencapai kualitas perekaman video 1080p@30fps.

    Adapun, dimensi dan bobot dari kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini juga diketahui berbeda. Smartphone Samsung A51 mempunyai dimensi 158.5 x 73.6 x 7.9 mm (6.24 x 2.90 x 0.31 inci) dan bobot yaitu 172 gram. Sedangkan smartphone Samsung A71 memiliki dimensi sedikit lebih besar, yaitu 163.6 x 76 x 7.7 mm (6.44 x 2.99 x 0.30 inci) serta bobot 179 gram.

    Fitur Lainnya

    Pada fitur-fitur lainnya, kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini ternyata tidak mempunyai perbedaan yang berarti lagi. Salah satu fitur yang sama pada kedua smartphone Samsung dari seri Galaxy ini adalah AI Game Booster yang akan membuat tampilan visual saat bermain game menjadi lebih smooth.

    Selain itu, smartphone Samsung A71 dan Samsung A51 ini juga diketahui telah didukung konektivitas NFC, Bluetooth 5.0, serta port USB Type-C.

    Dengan perbedaan spesifikasi namun tampilan dan desain tidak terlalu berbeda, mana kira-kira yang kamu pilih?

    VIDEO REVIEW SAMSUNG GALAXY A51:

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini