icon-category Digilife

Labilnya OpenAI, Sam Altman Direkrut Lagi Jadi CEO

  • 22 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Belum satu minggu dicopot dari posisi CEO, Sam Altman kembali membawa kejutan dengan kabar dirinya kembali menjabat sebagai CEO OpenAI.

Kabar ini diumumkan pada Rabu, (22/11) oleh OpenAI dimana mereka setuju untuk membawa kembali Altman ke perusahaan. Kabar ini juga disampaikan melalui akun X resmi Sam Altman, dimana dirinya secara resmi kembali lagi ke OpenAI sebagai CEO.

“Saya sangat mencintai OpenAI dan apa yang saya lakukan beberapa hari terakhir adalah untuk menjaga misi dan tim ini agar tetap bersamaan. Ketika saya memutuskan untuk gabung ke Microsoft pada Minggu sore, keputusan ini adalah cara terbaik untuk saya dan tim,” kata Sam dalam akun X miliknya, @sama.

Ia melanjutkan, “Dengan jajaran direksi yang baru serta dukungan Satya, saya menantikan untuk kembali ke OpenAI dan membangun kerjasama yang kuat dengan Microsoft.”

Tak hanya Sam Altman yang kembali ke OpenAI, Greg Brockman juga akan kembali ke perusahaan penghasil ChatGPT ini.

“Kembali lagi ke OpenAI dan akan mulai meng-coding malam ini,” kata Greg dalam akunnya.

Kembalinya Altman dibarengi dengan perubahan dalam jajaran direksi baru, perusahaan setuju untuk merombak para direksi yang menjadi penyebab dicopotnya Sam Altman dari CEO.

Jajaran direksi terbaru OpenAI antara lain Bret Taylor yang merupakan mantan co-CEO Salesforce, Larry Summers, dan mantan CEO Quora Adam D’Angelo.

Memang agak rumit drama serba dadakan OpenAI ini. Jumat lalu (17/11), Sam Altman dicopot dari posisinya sebagai CEO OpenAI dan digantikan oleh Emmett Shear sebagai CEO sementara pada Minggu, (19/11).

Tak lama kemudian, Sam Altman bersama dengan Greg Brockman direkrut oleh Microsoft dan menjadi CEO tim AI di perusahaan tersebut. 

Di waktu yang hampir bersamaan, OpenAI juga dikabarkan sedang ‘mencolek’ mantan karyawan OpenAI sekaligus CEO Anthropic untuk menjadi CEO baru perusahaan AI tersebut. Menurut bocoran lainnya, dewan direksi OpenAI juga berencana untuk menggabungkan dua startup AI ini nantinya. 

Namun, dengan adanya keputusan terbaru ini, rencana para direksi ini sepertinya akan gagal terjadi karena kembali menjadikan Sam Altman sebagai CEO OpenAI.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini