icon-category Digilife

Lagi-lagi Tiru TikTok, YouTube Shorts Umumkan Fitur Voice Over

  • 30 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Apa cara paling ampuh untuk memepet kompetitor? Tiru fitur utamanya! Itulah yang dilakukan YouTube Shorts agar dapat bersaing dengan TikTok.

    Platform video vertikal tersebut belakangan ini terus meluncurkan fitur-fitur baru yang populer di TikTok. Salah satu fitur yang baru-baru ini menjadi inspirasi YouTube Shorts adalah Voice Over.

    Dilansir dari Techcrunch, YouTube mengumumkan bahwa mereka baru akan menambahkan fitur ini untuk pengguna iOS. Sementara untuk Android user, YouTube  masih belum memberi kepastian lebih detail. 

    Fitur Voice Over ini memungkinkan kreator untuk menambahkan narasi di videonya agar dapat menceritakan secara langsung tentang konten yang akan diunggah. 

    Baca juga: Sudah Ada YouTube, Kenapa JobStreet Bikin seekMAX?

    “Kini Anda dapat menggunakan fitur sulih suara untuk menceritakan Shorts Anda,” tulis Manajer Komunitas YouTube, Meghan, di blog support Google. 

    “Tambahkan lapisan ekspresif kreatif lainnya (Instruksi, penjelasan, reaksi, komentar lucu, atau bahkan menambahkan suara baru Anda sendiri) ke Shorts dengan menceritakan apa yang terjadi di konten Anda,” jelas Meghan. 

    Untuk menggunakan fitur Voice Over ini, kreator YouTube Shorts bisa menerapkan langkah-langkah berikut:

    • Setelah merekam video, ketuk tombol tanda centang di kanan bawah layar kamera. 
    • Ketuk tombol Voice over.
    • Untuk memulai voice over, pindahkan Playhead (garis putih vertikal pada strip film video) ke tempat yang diinginkan.
    • Ketuk tombol rekam untuk mulai merekam, dan ketuk lagi untuk berhenti merekam. Atau opsi lainnya kreator bisa menahan tombol ketika sedang merekam atau angkat untuk berhenti merekam. 
    • Kreator juga bisa menyesuaikan volume suara sesuai yang diinginkan lewat panel volume. 

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini