home ×
Digilife

Lagi Viral, Awkarin Diduga Curi Gambar Ilustrasi dan "Intimidasi" Seniman

29 October 2019 By
Lagi Viral, Awkarin Diduga Curi Gambar Ilustrasi dan
Share
Share
Share
Share

Awkarin (Foto: Instagram @awkarin)

Uzone.id - Awkarin kembali jadi perbincangan hangat di sosial media. Namun, kali ini bukan karena selebram dan influencer itu memberikan logistik kepada mahasiswa yang sedang demonstrasi atau membantu korban kebakaran hutan, viralnya karena Awkarin mengancam seorang warga Twitter bernama Nadiyah Rizki S. pemilik akun @nadiyahrs. 

Konflik bermula ketika Nadiyah mengunggah tulisan bernada sarkastis terhadap Awkarin yang sudah melabeli dirinya sebagai aktivis. Nadiyah mengungkapkan, Awkarin telah memblokir akun Instagramnya setelah meminta Awkarin menghargai gambar ilustrasi yang dibuat oleh Nadiyah. 

"Lol Anda memblokir saya di instagram karena meminta Anda untuk menghargai ilustrator yang karyanya Anda curi dan posting ulang untuk branding pribadi Anda. melihat Anda memusatkan diri Anda dalam aktivisme ketika Anda ingin lintah buruh lain mengganggu saya," tulis nadiyah.

Twitter

Meskipun Nadiyah tak ingin memperpanjang masalah dengan Awkarin. Dia meminta bantuan kepada netizen untuk soal pertanggungjawaban Awkarin dengan memposting gambar tulisan berisi tiga hal, yakni:

1. Saya tidak berniat menjatuhkan nama Karin apalagi Pansos (panjat sosial). Tidak ada salahnya meminta public figure bersikap akuntabel apalagi kalau mau jadi aktivis.

2. Saya tidak menggiring opini karena dari dulu sudah banyak yang speak up tapi tidak didengarkan. Saya tanya baik-baik aja di-block, ya gak apa-apa dong saya ngegas biar dia mau respon

3. Ini bukan masalah sepele. Karin adalah influencer dan branding dia dahulu sebagai tumblr artsy girl, tidak hanya melanggar hak cipta tapi juga melanggengkan dan menormalisasi reposting. Ini merugikan kami semua pekerja kreatif. (dapet untung juga pula...)

 

Twitter
Sumber foto: Twitter @Nadiyahrs

 Selebriti yang punya nama asli Karin Novilda itu lalu membuka komunikasi dengan Nadiyah Rizki lewat direct message (DM). Dia ingin memastikan bahwa gambar ilustrasi itu memang benar karya Nadiyah. 

Yang bikin kecewa netizen terhadap Awkarin adalah terkesan memanfaatkan statusnya sebagai selebgram dan influencer terkenal untuk menekan orang yang bukan siapa-siapa dengan 'mengintimidasi' akan mendatangi Nadiyah dengan melibatkan pengacara.

"Dear @nadiyahrs, saya tunggu buktinya 1x24 jam ya. Saya ingin Pertanggungjawaban dari ucapan kamu. Saya lagi males ribut-ribut ditontonin. Saya sudah DM kamu untuk minta contact kamu, nanti saya dateng + lawyer saya aja ke Bandung. Kita bisa bicara baik-baik. Thank you," tutur Awkarin.

Twitter

 Banyak netzen yang tak suka dengan cara Awkarin ini. Termasuk aktivis Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Veronica Koman yang menunggu permintaan maaf terbuka Awkarin terhadap Nadiyah Rizki.

Di sisi lain, Veronica Koman memuji langkah Awkarin yang telah telah ikut menggugat abuse of power para penguasa terhadap rakyat kecil serta menggugat perangkat hukum yang semena-mena.

Twitter


Asnilta Fahda, pemilik akun @asanilta, mengaku telah dihubungi Nadiyah pada Senin (28/10) jam 2 dini hari. Nadiyah mengungkapkan bahwa dirinya telah digugat oleh Awkarin. Dia pun sempat menawarkan bantuan kepada Nadiyah, namun ditolak.

"Setelah saya menawarkan bantuan, dia bilang gak apa udah mediasi. "saya hapus cuitan saya, dia membatalkan tuntutannya," tulis Asnilta lalu bilang kalau Nadiyah sudah berjuang dengan keras.

Kemudian, Asnilta juga mengunggah gambar tulisan pesan dari Nadiyah bahwa dirinya akhirnya menyerah karena mau memikirkan ujian.

"Maaf ya saya akhirnya nyerah. Mau mikirin ujian wqwqwqwqwq (tertawa)," begitu pesan dari Nadiyah.

Aktor dan sineas Ernest Prakasa lalu mengomentari cuitan Asnilta. Menurut bintang film 'Cek Toko Sebelah' itu, andai benar Nadiyah menyerah terhadap intimidasi, hal itu sangan disayangkan.

"Padahal kalau tuntutan itu berjalan, lebih enak untuk ngebelanya," tulis Ernest.

Nama Awkarin sempat masuk 10 besar trending topic di Indonesia setelah namanya ditulis lebih dari 40 ribu kali. Sedangkan Nadiyah ditulis sebanyak lebih dari 20 ribu kali.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article