icon-category Auto

Laku 1.200 Unit, Apa Sih Daya Tarik Suzuki Jimny 5 Pintu?

  • 21 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Suzuki Jimny kembali membuat heboh ketika versi 5-door resmi diluncurkan di Indonesia. Bayangkan saja, gak sampai satu bulan, mobil ikonik Suzuki ini sudah terpesan sampai 1.200 unit. Memang, apa sih keunggulannya?

Secara dimensi, Suzuki Jimny 5-door memiliki panjang 3.965 mm (lebih panjang 340 mm dari Jimny 3 pintu), lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, dengan wheelbase lebih melar 340 mm atau mencapai 2.590 mm.

Kelebihannya dengan wheelbase lebih panjang, maka ruang kabin untuk penumpang, atau bagasinya menjadi lebih lega, terutama saat disandingkan dengan Jimny 3 pintu. Sehingga kini tak hanya bisa menampung lebih banyak orang, tapi juga barang.

alt-img

Suzuki Jimny 5-door dirancang dengan konfigurasi dua baris, sehingga terdapat dua pintu tambahan di bagian kanan dan kiri belakang untuk akses penumpang, dan bagasi belakang lebih lega menjadi 211 liter tanpa melipat kursi baris kedua.

Meskipun mobil SUV itu bisa menampung penumpang lebih banyak dengan kabin serta bagasi lebih luas, Suzuki tetap mempertahankan DNA offroad pada Jimny 5-door.

Paling utama adalah penyematan sistem All Grip Pro 4WD pada sistem penggerak 4x4 pada Jimny 5-door. Terdapat kotak transfer manual dan girbok jarak rendah 2WD-High, 4WD-high, dan 4WD-low.

Secara fungsi dari sistem penggerak roda tersebut, untuk indikator 2H jika digunakan saat kecepatan normal di jalan aspal atau kerikil, sedangkan 4H untuk off road, dan 4L agar torsi yang disalurkan seimbang saat berjalan di lumpur, bebatuan, tanah, dan sejenisnya.

alt-img

Selain itu, spesifikasi teknis lain untuk mendukung offroad pun tetap disuguhkan, seperti ground clearance 210 mm, approach angle (sudut roda depan bawah bumper) 36 derajat, dan departure angle (sudut roda belakang bawah bumper) 47 derajat.

Dengan spesifikasi tersebut, memungkinkan mobil melewati jalanan offroad, atau permukaan yang tidak rata tanpa ada halangan.

Pada sektor kaki-kaki Suzuki Jimny 5-door disematkan velg 15 inci dibalut ban dual purpose berukuran 195/80 yang ditunjang suspensi 3-link rigid acle with coil spring di depan, dan belakang untuk menjaganya lebih stabil di berbagai medan jalan.

Untuk mempermudah penggunannya saat parkir, atau di kondisi jalan tertentu Suzuki Jimny 5-door sudah dilengkapi dengan kamera belakang yang terintegrasi ke head unit, dan empat sensor parking.

Teknologi moderen lainnya adalah sistem hiburan di dalam kabin berupa head unit layar sentuh 9 inci bisa terhubung dengan smartphone melalui Android Auto, dan Apple CarPlay.alt-img

Bahkan untuk fitur keamanan pendukung, sudah tersedia 6 air bags, HDC (Hill Descent Control) untuk mencegah mobil terjun bebas saat di jalan menurun, dan HHA (Hill Hold Assistt) mencegah mobil merosot saat berhenti di tanjakan.

Suzuki Jimny 5-door juga kini terlihat lebih elegan, dan mewah berkat grill depan dibalut krom, dan penerangan utamanya sudah projector LED dilengkapi DRL (Daytime Running Light), tidak ketinggalan washer headlamp untuk membersihkan mika lampu saat kotor layiknya mobil offroad.

Soal mesin, Suzuki Jimny 5-door tetap mempertahankan mesin bensin K15B empat silinder berkapasitas 1.462cc, enjin yang dikenal irit itu memilik tenaga maksimal 102 PS di 6.000 rpm, dan torsi 130 Nm di 4.000 rpm. Disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan, dan matik 4-percepatan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini