icon-category Lifestyle

Lakukan 5 Hal Ini pada Meja Kerja Agar Produktivitas Terus Meningkat

  • 27 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    Tempat Anda bekerja akan mempengaruhi pekerjaan dan karier Anda.

    Barang-barang yang menumpuk, berkas yang berserakan, hingga tempat makan yang berada di atas meja akan membuat Anda jadi mudah terganggu.

    Hal-hal tersebut secara otomatis akan mengurangi kreativitas dan produktivitas Anda dalam bekerja.

    Percayalah bahwa meja kerja yang terorganisir dengan baik memiliki manfaat yang besar bagi perjalanan karier Anda. Pertama, pekerjaan Anda akan terasa lebih terkontrol, Anda akan lebih fokus bekerja, dan yang paling penting pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai karena tidak ada faktor-faktor di luar pekerjaan yang akan mengganggu kinerja Anda.

    Untuk bisa mendapatkan meja dan lingkungan kerja yang terorganisir, berikut kami telah merangkum dari situs Inc. tentang lima hal yang perlu dilakukan agar produktivitas Anda tetap berjalan stabil.

    1. Awali dengan Bersih-bersih

    Untuk mendapatkan meja kantor yang ideal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan seluruh bagian dari tempat kerja Anda.

    Jika Anda memiliki ruangan sendiri, maka Anda mungkin perlu waktu yang agak lama untuk membersihkan dan menata area kerja Anda. Namun jika bekerja di kantor yang terbuka, cukup bersihkan meja, laci, dan wilayah di sekitarnya saja.

    2. Buat Area Khusus untuk Komputer

    Saat bekerja, satu-satunya alat elektronik yang menjadi pusat adalah komputer Anda. Oleh karena itu, sediakan area khusus untuk komputer dan hindarkan dari barang-barang yang tidak penting.

    Hal itu akan membuat pergerakan Anda di depan komputer lebih bebas tanpa ada halangan. Karena di kebanyakan kantor kebersihan meja juga masuk ke dalam penilaian kinerja, maka sebaiknya Anda menjaganya tetap rapi.

    3. Pisahkan Meja Menjadi Dua Kategori

    Buat dua kategori pada meja kerja Anda. Pertama adalah untuk meletakkan semua barang elektronik. Mulai dari perlengkapan komputer, handphone, charger, dan headphone.

    Area kedua adalah area bebas barang elektronik. Anda bisa menggunakannya untuk menulis, menyimpan berkas, dan melakukan berbagai kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan alat elektronik.

    Memisahkan meja kerja menjadi dua area akan membuat pekerjaan Anda lebih terorganisir.

    4. Gunakan Laci untuk Menyimpan Barang

    Meski meja kerja Anda sudah terorganisir, namun tidak dapat dipungkiri jika setiap harinya Anda akan membawa barang-barang baru atau berbeda dari rumah. Seperti misalnya tas, kacamata, dompet, jaket, tempat makan, alat makeup, atau buku.

    Agar area kerja Anda selalu terlihat rapi, gunakan laci untuk menyimpan barang-barang tersebut. Jangan biarkan perlengkapan pribadi mengganggu Anda dalam bekerja.

    5. Jangan Terlalu Banyak Mendesain Meja

    Mendesain meja kerja bagi sebagian orang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Tetapi jika menghias meja secara berlebihan, tidak hanya pekerjaan Anda saja yang akan terganggu, rekan kerja Anda juga akan merasa tidak nyaman bekerja di sekitar Anda.

    Oleh karena itu, usahakan untuk menghias meja kerja dengan gaya yang minimalis. Jangan memajang terlalu banyak mainan atau hiasan dan foto pribadi. Selain membuat meja jadi terkesan penuh, barang-barang seperti akan memberikan kesan yang kurang profesional.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini