icon-category Auto

Lakukan Hal Ini Agar Aki Mobil Jadi Awet, Hati Tenang Saat di Jalan

Bagikan :
Aki mobil

Uzone.id -- Aki punya fungsi utama menampung listrik yang akan disalurkan ke semua komponen mobil.

Nah jika kalian tidak memperhatikan kondisinya itu dapat membuat perjalanan tidak nyaman.

Mungkin bisa bikin repot kalian jika sampai mogok dijalan loh!

Untuk itu cobain deh cara-cara simpel ini untuk memperpanjang umur aki mobil kalian:

Baca Juga: Trik Gampang Bikin Dasbor Mobil Mengilap

Pertama, buat kalian yang masih menggunakan aki basah, harus dijaga ketinggian permukaan air jangan sampai kering.

Kedua, cek komponen kelistrikan pada lampu-lampu, AC, dan power window. Pastikan semuanya masih berjalan dengan baik. Jika ada indikasi lampu yang meredup atau nyala tidak stabil segera bawa ke Bengkel untuk melakukan pengecekan lanjutan.

Ketiga, selalu perhatikan selalu kondisi kepala aki yang kerap berjamur. Langkah sederhananya dengan membersihkan kepala aki tersebut menggunakan air panas. Pasalnya jamur suka menghambat proses distribusi koneksi arus listrik ke seluruh bagian mobil.

Keempat, mulai kurangi pemakaian-pemakaian elektrikal yang membebani aki. Misalnya pakai audio, yang notabene menggunakan strum langsung.

Pemakaian sistem pada saat mesin hidup, ada generator yang jalan, suplai untuk strumnya ini berbeda saat mesin diam. Di saat inilah tidak charging langsung ke altenator, yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan memakan usia aki.

Kelima, jangan membiasakan posisi kontak ON cukup lama tanpa mesin dihidupkan. Hal ini akan berpengaruh ke sistem karena memakai strum langsung dari aki yang terpakai. Intinya jika mesin mesin Off, pastikan kontak di posisi Off

Keenam, kurangi pemasangan aksesoris lain selain audio yang membutuhkan listrik tambahan dan kemungkinan diambil secara bypass. Jika pemasangan tidak benar sering menimbulkan korsleting

Ketujuh, lakukan perawatan rutin ke bengkel, kalian akan mendapat gambaran mobil secara menyeluruh, termasuk kondisi aki terkini. Kondisi aki dapat terbaca dengan mudah saat masih bagus, sudah lemah, atau harus di-charge bahkan diganti.

Video review Wuling Cortez terbaru 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini