home ×
Auto

Lakukan Ini Bila Trotoar Direbut Pengendara Motor

09 March 2017 By
Lakukan Ini Bila Trotoar Direbut Pengendara Motor
Share
Share
Share
Share

Trotoar yang sejatinya milik pejalan kaki, saat ini sering terlihat digunakan tidak sebagaimana mestinya. Pengguna kendaraan bermotor kerap menggunakan ruang trotoar untuk lalu lintas mereka dengan alasan akses yang lebih cepat menuju tempat tujuan.

Sebagai pejalan kaki, apa yang sebenarnya dapat dilakukan dalam menghadapi kondisi demikian? Apakah bertindak seperti bocah Daffa Farros di Semarang atau Alfini yang gagah menghadang pemotor di trotoar?

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), pejalan kaki yang ruangnya diambil alih pengguna jalan lain, sebaiknya tidak memutuskan menindak atau berkonfrontasi dengan pengguna kendaraan lain. Ada cara yang lebih elok untuk dilakukan.

“Warga pejalan kaki tidak bisa menindak pelanggaran karena itu wewenang petugas. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak untuk berlalu lintas jalan yang aman dan selamat,” ucap Edo saat dihubungi Rabu, (8/3/2017).

Berita Terkait:

Cara lain adalah dengan memberi sanksi sosial pada para pengendara yang melanggar. Cara yang bisa dimanfaatkan adalah membawa contoh pelanggaran ke ranah media sosial yang saat ini dengan mudah dapat menjangkau berbagai khalayak termasuk pemangku kepentingan.

Khusus yang terakhir ini telah dilakukan Cendy Putra dalam akun Instagram miliknya. Cendy merekam kondisi trotoar di jalan Dewi Sartika, Jakarta yang penuh dengan pemotor di trotoar hingga menyebabkan dirinya kesulitan berjalan. Ia melakukan eksperimen sosial ini karena jengkel dengan pengguna motor yang malah memarahinya saat berjalan di trotoar.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor: Azwar Ferdian



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

50 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Code ERROR 404 17 October 2019 | 18:37:15

iyah halangan aja dek jalannya keren bangat anak ini

DimasHardstyle 12 October 2019 | 13:32:40

yaa halangin aja si ribet amat dahh hahaha

redo 30 January 2019 | 14:22:37

iya halangin aja dek jalannya ya keren banget

Selamat 29 January 2019 | 16:13:43

iya kalangan aja dek jalannya ya keren sekali

Exotic One 29 January 2019 | 13:51:49

iya halangan Jakarta dek keren banget uni anak yahh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article