icon-category Gadget

Lama Dinanti, Oppo Find X5 Pro Akhirnya Rilis di Indonesia

Oppo Find X5 Pro 5G (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Butuh waktu cukup lama bagi Oppo memboyong seri Find X5 Pro ke Indonesia, setelah smartphone tersebut diluncurkan perdana secara global pada Februari yang lalu. Meski begitu, momen kemunculannya tergolong tepat waktu karena baru segelintir ponsel saja yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 di Indonesia.

Oppo Find X5 Pro bersaing langsung dengan Xiaomi 12 Series dan Realme GT 2 Pro yang juga punya chipset serupa. Namun sebagai pembeda, Oppo menyertakan sistem kamera yang lebih ajib sebagai salah satu keunggulan utamanya.

Resmi beredar di Indonesia, berikut adalah informasi lengkap mengenai harga dan spesifikasi dari Oppo Find X5 Pro. Hanya saja, Oppo tak menyertakan varian standar dari smartphone ini.

Oppo Find X5 Pro tampil dengan desain yang mewah dan elegan, walau tanpa kelir warna berefek gradasi. Bodi belakangnya dibuat dengan material keramik premium, dipadukan dengan bingkai berbahan aluminium yang tangguh.

Meski terlihat cantik, build quality smartphone ini begitu ciamik. Salah satu buktinya, Oppo Find X5 Pro sudah mengantongi rating IP68 yang memastikan ponsel bisa diajak berenang di air tawar sedalam 1,5 meter selama 30 menit dan tahan terhadap paparan debu.

Tampak depan, Oppo Find X5 Pro dilengkapi dengan layar berjenis LTPO AMOLED 2.0 berukuran 6,7 inci dengan resolusi 3K alias 1.440 x 3.216 piksel. Layar ini telah dilapisi oleh kaca Gorilla Glass Victus yang lebih kuat dari Gorilla Glass 6.

Layar tersebut mampu menyuguhkan kualitas visual top class berkat dukungan HDR10+, intensitas cahaya layar hingga 1.300 nits, cakupan warna 10-bit atau 1 miliar warna, hingga refresh rate adaptif dari 1Hz hingga 120Hz.

Baca juga: Snapdragon 8+ Gen 1, Lebih Cepat, Adem & Hemat Daya

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakannya dipadukan dengan RAM 12 GB berjenis LPDDR5 dan memori penyimpanan 256 GB berjenis UFS 3.1. Sistem operasinya sudah ColorOS 12 berbasis Android 12, sehingga ada banyak fitur baru di dalamnya untuk menambah pengalaman penggunaan.

Salah satu fitur yang dibawa ponsel ini adalah RAM Expansion. Dengan fitur ini, pengguna dapat menambah RAM bawaan secara virtual dengan memakai sebagian kecil memori penyimpanan yang ada.

Adapun untuk baterainya, Oppo Find X5 Pro ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung SuperVOOC 80W, wireless charging AirVOOC 50W, dan reverse wireless charging 10W.

Di sektor kamera, Oppo Find X5 Pro kehilangan kamera mikroskop yang sebelumnya dihadirkan pada Find X3 Pro. Ponsel ini memiliki konfigurasi kamera utama 50MP dengan bukaan lensa f/1.7 dengan OIS (optical image stabilization), kamera ultrawide 50MP, serta kamera telephoto 13MP dengan kemampuan 2x optical-zoom.

Baca juga: Review Oppo Reno7 Z 5G

Sebagai ganti hilangnya kamera mikroskop, Oppo menyematkan chipset NPU untuk mengolah gambar bernama MariSilicon X. Dengan komputasi berbasis AI yang dibuat Oppo, MariSilicon X memungkinkan pengguna untuk merekam video malam berkualitas 4K Ultra dengan menggunakan kamera utama dan ultrawide.

Tak hanya video, kualitas foto juga memiliki mutu warna dan detail yang menakjubkan. Chipset ini dapat menonjolkan warna agar lebih akurat dengan detail yang makin bagus. Ditambah, kamera Oppo Find X5 Pro juga didukung oleh fitur kamera persembahan Hasselblad.

Hasselblad menyumbangkan fitur bernama Natural Color Calibration dalam Pro Mode untuk memberikan foto maupun video berkualitas setara kamera profesional. Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera selfie 32MP yang disematkan pada lubang kamera di tengah atas layar.

Bagaimana soal harga? Oppo Find X5 Pro dibanderol dengan harga Rp 14,9 jutaan di Indonesia. Kendati lebih mahal dibanding dua kompetitornya, namun smartphone ini menyuguhkan kualitas kamera yang diklaim lebih baik.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini