icon-category Digilife

Lawan Cyberbullying, TikTok Luncurkan Kampanye #SamaSamaNyaman

  • 11 Feb 2020 WIB
Bagikan :

Peluncuran kampanye Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Uzone.id - Dalam rangka Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) yang jatuh setiap 11 Februari, TikTok bekerja sama dengan gerakan dan komunitas anti-bullying, Sudah Dong, meluncurkan kampanye bertajuk Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman.

Kampanye ini hendak mengajak pengguna media sosial, terutama TikTok, untuk menciptakan lingkungan internet positif.

"TikTok menyediakan platform bagi siapapun untuk mengekspresikan kreativitasnya. Untuk itu, prioritas utama kami adalah memberikan lingkungan yang aman, di mana semua orang dapat merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif," kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Selasa (11/2).

Karena itu, dalam kampanye ini, TikTok sekaligus menghadirkan buku panduan berjudul Sama-Sama Aman Sama-Sama Nyaman.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Airbnb Menangguhkan Semua Pesanan di Beijing

Donny mengatakan, “Dimana pengguna bisa mendapatkan tips mengenai cara hadapi cyberbullying secara umum, serta fitur-fitur keamanan di TikTok."

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Katyana Wardhana, Pendiri Komunitas Sudah Dong mengungkapkan, “Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan TikTok dalam kampanye ini, dan dapat memberikan kontribusi kami dalam menjaga kenyamanan pengguna TikTok yang memang didominasi oleh anak muda."

Menurut Katyana, panduan ini memberikan informasi yang mudah dipahami, mengenai apa itu bullying, langkah apa yang perlu dilakukan jika menyaksikan aksi bullying, tips menggunakan internet dengan cerdas, dan juga berbagai fitur keamanan yang tersedia di dalam aplikasi TikTok untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Baca juga: Google Ajak Generasi Muda Tangkas Berinternet

Bapak Ferdinandus Setu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia juga mendukung kampanye yang dilakukan TikTok.

"Kami mengapresiasi langkah TikTok dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya, dan aktif melawan cyberbullying yang kerap terjadi di tengah perkembangan teknologi saat ini,” ujar Ferdinandus.

“Hal ini sejalan dengan beberapa program yang kami lakukan dalam bentuk sosialisasi, roadshow, dan forum diskusi dengan melibat seluruh komponen masyarakat, untuk mengkampanyekan Internet yang Sehat dan Aman,” imbuhnya.

VIDEO: Lo Tim Mana, Earphone Wireless Atau Berkabel?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini