icon-category Telco

Layanan 3G Disuntik Mati Tahun Ini, Apa Dampak ke Ponsel?

  • 19 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: vivo)

    Uzone.id - Telkomsel dan XL Axiata sudah mulai mematikan layanan 3G demi meningkatkan kualitas jaringan ke 4G LTE secara bertahap di awal 2022 ini.

    Telkomsel punya target mematikan 3G selesai di akhir tahun 2022. Sedankan XL Axiata melaporkan bahwa sebanyak 5.000 BTS 3G mereka sudah disuntik mati dan bertambah setiap harinya sekitar 1.000 BTS dan selesai pada akhir Maret 2022, seperti diungkapkan Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa,

    Mungkin sebagian orang bertanya-tanya soal dampak hilangnya layanan 3G terhadap ponsel yang mereka gunakan.

    BACA JUGA: Jadi Penerus Galaxy A72, Apa Saja Keunggulan Galaxy A73?

    Akhmad, Vice President RAN Engineering and Project Telkomsel, menjelaskan bahwa manfaat upgrade 3G ke 4G akan meningkatkan pengalaman pelanggan berinternet, apalagi 3G sudah jadi teknologi usang.

    Masyarakat diimbau tidak perlu khawatir saat sinyal 3G menghilang dari ponsel kamu. Akhmad mengatakan, pada kenyataannya masyarakat sekarang ini sudah banyak yang menggunakan ponsel yang sudah didukung 4G, namun kartunya masih SIM.

    Jadi, meskipun 3G dimatikan, konsumen bisa melakukan upgrade kartu SIM ke 4G. Kemudian, jika ponsel milik konsumen tidak mendukung 4G maka otomatis akan turun ke 2G.

    BACA JUGA: Kalau iPhone 14 Dirilis, iPhone 11 Bakal Temui Ajal?

    "Banyak juga kawan-kawan kita pakai hapenya sudah 4G, tapi kartunya masih SIM itu bisa ganti. Kalau hape-nya 3g bisa turun ke 2G," kata Akhmad saat bicara di Live Instagram di @uzoneindonesia dan @telkomselnow, bertajuk 'Jangan resah 3G Tidak Ada'

    Akhmad kemudian mengingatkan lagi, masyarakat Indonesia sudha banyak yang menggunakan ponsel 4G, namun kartunya masih 3G. Telkomsel sudah menawarkan ganti kartu sehingga user experiencenya meningkat," tutur Akhmad.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini