Home
/
Digilife

Lazada Buka Suara Soal Aturan Baru E-commerce

Lazada Buka Suara Soal Aturan Baru E-commerce

-

Birgitta Ajeng05 December 2019
Bagikan :

Uzone.id - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia telah mengumumkan hal itu pada Rabu (5/12).

Dalam PP Nomor 80 Tahun 2019 tentang PMSE, pemerintah setidaknya mensyaratkan beberapa hal soal perdagangan elektronik, baik yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha.

Salah satunya, yaitu dalam melakukan PMSE, pelaku usaha wajib membantu program pemerintah, seperti mengutamakan perdagangan barang dan/atau jasa hasil produksi dalam negeri.

Baca juga: Jokowi Tanda Tangan Peraturan Pemerintah Tentang e-Commerce

Pelaku usaha juga diwajibkan meningkatkan daya saing barang dan/atau jasa hasil produksi dalam negeri, dan PMSE dalam negeri wajib menyediakan fasilitas ruang promosi barang dan/atau jasa hasil produksi dalam negeri. Semua itu tertulis dalam PP Nomor 80 Tahun 2019 tentang PMSE Pasal 12.

Menanggapi PP Nomor 80 Tahun 2019, Lazada turut memberikan komentar. Menurut Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

“Untuk itu, sekarang kami pada dasarnya akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Itu saja yang bisa saya sampaikan,” ujar Monika kepada Uzone.id, Kamis (5/12).

Ketika ditanya lebih lanjut terkait PP Nomor 80 Tahun 2019, Monica tidak berkomentar.

Baca juga: Petugas Bea Cukai Punya Alat Deteksi Pelaku Jastip

Sementara itu, dalam pembahasan terpisah, Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations Lazada Indonesia menyampaikan soal kontribusi produk lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019.

Haikal menyampaikan bahwa Harbolnas 2019 oleh Lazada terbuka untuk semua penjual. "Kalau kita di Harbolnas kali ini, jadi kita memang buka untuk semua sellers."

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, "Jadi kita di sini perspektifnya lebih kepada UMKM di Indonesia banyak sekali, dan kita punya namanya Lazada Club di Indonesia. jadi kita punya komunitas-komunitas sellers yang kita godok banget supaya mereka bisa menjadi sellers jagoan kita ke depannya. Dan siap berkompetisi di 12.12 nanti bersama seluruh produk, mau yang lokal maupun internasional."

populerRelated Article