icon-category Gadget

Lenovo ThinkBook Plus Twist, Laptop 2 Layar Bisa Diputar Kiri-Kanan

Uzone.id - Kalau laptop 2-in-1 umumnya mengusung layar yang cuma bisa diputar secara horizontal hingga 360 derajat, beda konsep dengan Lenovo ThinkBook Plus Twist ini. Layar laptop ini bisa diputar 360 derajat juga, tapi secara vertikal atau bisa diputar ke kiri atau ke kanan juga.

Lenovo ThinkBook Plus Twist sebenarnya sudah dipamerkan secara global di awal tahun ini, tepatnya pada Consumer Electronics Show (CES) 2023. Keunikannya bukan cuma bisa diputar secara vertikal, tapi Lenovo ThinkBook Plus Twist pun mengusung dua layar, dimana layar bagian luarnya juga berwarna.

Dengan konsep desain tersebut, Abdul Hannan Imam selaku Client Solution Architect Lenovo Indonesia mengatakan, laptop ini memiliki empat mode penggunaan, yakni Normal PC, Typewriting, OLED Tablet, dan E-Paper. 

alt-img

“Targetnya adalah mobile worker, editor, writer, reader, dan tech pioneer,” katanya, dalam acara Lenovo Tech Day 2023, di Jakarta, Kamis (31/8).

Normal PC merupakan mode penggunaan seperti laptop umumnya. Sementara Typewriting, pengguna bisa memanfaatkan layar bagian luar agar baterainya lebih hemat.

OLED Tablet, sesuai namanya, mode ini memungkinkan pengguna menyulap laptop sebagai tablet dengan layar OLED yang lebih lega. Sementara E-Paper, mirip seperti tablet, namun layar yang digunakan adalah layar bagian luar untuk membaca artikel atau e-book.

“Ketahanan layarnya menggunakan Gorilla Glass,” terang Imam.

alt-img

Bukan cuma terlihat bergaya, Lenovo ThinkBook Plus Twist diklaim sebagai laptop yang tahan banting. Gak tanggung-tanggung, laptop terbaru Lenovo ini sudah lolos uji ketahanan standar militer Amerika Serikat (AS) dengan nomor MIL-STD 810H.

“Layarnya bisa diputar hingga 25 ribu kali,” klaim Imam.

Spesifikasi Lenovo ThinkBook Plus Twist

alt-img

Laptop ini punya dua layar, seperti yang kami bilang di awal. Layar bagian dalam alias layar utamanya menggunakan panel OLED dengan ukuran 13,3 inci dan sudah beresolusi 2,8K. 

Layar dengan visual HDR ini punya intensitas cahaya sampai 400 nits, yang cukup oke buat pemakaian luar ruangan. Tapi, refresh rate-nya hanya 60Hz saja alias standar.

Kalau di luar, ukurannya 12 inci dengan teknologi E-Ink yang sudah berwarna. Tapi, pancaran warnanya masih terbatas, rasanya seperti menggunakan perangkat berbasis E-Ink pada umumnya.

Lantaran ada mode tablet, otomatis layarnya sudah mendukung input atau masukan sentuhan jari dan stylus. 

Untuk dapur pacunya, Lenovo ThinkBook Plus Twist sudah ditenagai prosesor Intel Core 13th Gen, tepatnya Intel Core i5 atau Intel Core i7 U-Series yang disandingkan dengan RAM 16 GB dan ruang penyimpanan berjenis SSD hingga 1 TB.

Laptop ini bobotnya cukup ringkas, padahal mengusung mekanisme yang kompleks dan dua layar. Bobotnya hanya 1,35 kg, dan memiliki sejumlah port dan konektivitas untuk mendukung produktivitas pengguna, seperti USB-C, jack audio 3,5mm, dan WiFi 6E.

Fitur lainnya, ada speaker stereo dengan dukungan Lenovo Sound, baterai dengan kapasitas 56 Whr, dan sistem operasi Windows 11.

Bagaimana dengan harganya? Pengguna bisa memesan Lenovo ThinkBook Plus Twist dengan harga Rp31 jutaan di Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini