Digilife

Lho, Ada Mata Uang Kripto Halal?

  • 13 November 2021
  • Bagikan :
    Lho, Ada Mata Uang Kripto Halal?

    Uzone.id -- Di tengah hangatnya perbincangan soal fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan cryptocurrency sebagai mata uang dan alat transaksi, ternyata tak banyak yang tahu kalau ada layanan mata uang kripto yang bersertifikat halal.

    Mata uang kripto ini diberi nama ARAH coin yang secara terbuka dianggap sebagai mata uang resmi di dalam aplikasi ini dan telah mendapatkan sertifikat halal.

    ARAH coin, atau koin ARAH, berada di dalam aplikasi mobile ARAH yang dinaungi oleh organisasi independen Nahdlatul Ulama (NU). Di dalam aplikasi ARAH ini, fitur dompet digital memang belum lama hadir, di mana mata uang koin Arah sebagai kripto disebut dapat melengkapi harian pengguna di seluruh dunia.

    “Sebagai mata uang resmi di dalam aplikasi ARAH, koin Arah dapat digunakan untuk memfasilitasi pembayaran produk dalam jumlah besar dan diskon-diskon spesial,” begitu tulisan yang tertera di situs arahglobal.com.

    Baca juga: Kripto Dianggap Haram, Apa Kata Investor?

    Masih di dalam situs arahglobal.com, disebutkan juga ARAH diklaim sebagai mata uang kripto halal pertama di dunia yang didedikasikan kepada komunitas Muslim di seluruh dunia.

    Mengambil inspirasi dari kata “arah”, Arah Global memiliki misi untuk menyuguhkan kemajuan ekonomi untuk negara-negara berkembang Muslim dengan memfasilitasi distribusi zakat, infaq, sedekah kripto melalui platform Arah ini, sembari menyediakan penggalangan dana melalui program yang menargetkan masyarakat yang membutuhkan bantuan.

    “Memahami peran krusial dari produk investasi halal di lanskap mata uang kripto, ARAH Global bertujuan menjadi yang terdepan dalam pengembangan dukungan ekonomi digital Islam di era keuangan yang telah desentralisasi,” tulis situs tersebut.

    Lantas, koin ARAH ini apa?
    Masih dari penjelasan situs ARAH Global, pihak mereka mengembangkan koin ARAH dan aplikasi ARAH itu sendiri sesuai dengan ketentuan syariah, serta mereka pun mengaku telah berkoordinasi dengan para ulama Syariah dan konsultan demi memastikan layanan ARAH ini sesuai dengan prinsip Islam.

    Kurang lebih, koin ARAH ini menjadi token resmi di dalam aplikasi ARAH yang dapat menghubungkan tiap pengguna terhadap semua produk dan layanan halal yang disediakan di dalam aplikasi.

    Tak tanggung-tanggung, demi mewujudkan koin ARAH ini sesuai dengan syariat agama, tim ARAH Global menjalin kerja sama dengan MJM Networks, Cake Experiential Communications, dan NU, serta beragam organisasi Muslim di berbagai negara.

    Baca juga: Cap Haram Kripto Tak Pengaruhi Harga Bitcoin dkk

    Sayangnya, saat Uzone mencoba mengklik menu ‘How to Buy’, tulisan di dalam situs ini masih coming soon, alias baru akan tersedia dalam waktu dekat, sehingga belum bisa dipastikan cara pembelian atau mendapatkan mata uang koin Arah ini seperti apa.

    Seperti yang diketahui, ARAH diklaim sebagai SuperApp halal pertama di dunia yang terintegrasi dengan dompet digital mata uang kripto.

    Mereka melabeli aplikasinya sebagai “halal” karena hanya transaksi dan produk-poduk dengan sertifikat halal yang bisa dioperasikan di dalam aplikasi, lengkap dengan algoritma penyensoran bawaan untuk memblokir hal-hal yang tidak senonoh.

    Sejauh ini, aplikasi ARAH dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, sedangkan untuk Apple App Store masih dalam tahap pengembangan.

    Pengguna bisa nantinya bisa membeli koin ARAH untuk berbagai diskon dan produk halal terpilih, hingga game online halal, kebijakan asuransi, investasi halal, hingga pinjaman kredit. Koin ARAH juga bisa dipakai untuk mitra-mitra merchant potensial dan proyek investasi.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini