icon-category Digilife

‘Libur’ Dulu Pakai Ojol, Naik MRT dan TransJakarta Gratis Edisi HUT Jakarta

  • 22 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Istimewa

    Uzone.id – “Asyik, dapat kado dari Jakarta! Gratis naik MRT,” kata seorang teman bernama Alyssa yang bekerja di daerah Thamrin, hari ini, Rabu (22/6).

    Kota metropolitan tempat banyak manusia mencari nafkah dan mengejar mimpi-mimpi besar berulang tahun ke-495 hari ini, 22 Juni 2022. Di tahun ini, setidaknya ada beberapa promo gratis yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk merayakan HUT Jakarta.

    Jika kita melihat akun Instagram resmi Humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ada beberapa transportasi publik di Jakarta digratiskan khusus hari ini. Mereka adalah TransJakarta, MRT, dan LRT.

    Kado spesial! LRT Jakarta, MRT Jakarta dan TransJakarta dapat digunakan secara GRATIS, saat hari ulang tahun ke-495 Kota Jakarta,” tulis akun @dkijakarta.

     
     
     
     
     
    View this post on Instagram
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    A post shared by Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta)

    Dari beberapa anak muda yang Uzone tanyakan, ternyata promo gratis transportasi publik ini mempengaruhi preferensi mobilisasi orang-orang yang tadinya sering menggunakan ojol atau ojek online seperti Gojek dan GrabBike hingga taksi online menjadi memilih MRT dan TransJakarta.

    Baca juga: Ini Biang Keladi Masyarakat Ogah Beli Kendaraan Listrik

    “Saya tadi naik TransJakarta dari Stasiun Palmerah menuju Pancoran Tugu. Kalau naik Gojek atau GrabBike memang lebih cepat sih, tapi ternyata hari ini TransJakarta gratis, thanks Jakarta!” kata anak Gen Z bernama Agus.

    Selain itu, ada juga seorang teman yang bekerja di daerah SCBD mengaku senang MRT digratiskan hari ini.

    “Tadi tahu dari beberapa orang di Instagram dan Twitter, saya langsung coba naik MRT dari Blok M sampai Istora Mandiri. Beneran gratis. Happy banget, ya selain karena gratis saya jadi aman dari kena panas dan angin. Kalau naik ojol pasti kepanasan,” kata Adrian sembari tertawa.

    Baca juga: Bus Listrik TransJakarta Lulus Uji Banjir, Resmi Meluncur!

    Ada juga teman yang langsung memanfaatkan MRT karena penasaran dengan gratisnya. Ia mengaku, ia beruntung memilih MRT karena terhindar dari hujan.

    “Tadi saya hampir mau pesan ojol dari Senayan ke Thamrin karena butuh cepat. Tapi pas lihat langit mendung, kok ragu. Pas keingat MRT gratis, saya langsung ke stasiun MRT terdekat, dan turun di Bundaran HI. Ke tempat meeting tinggal buka payung sebentar, sampai deh,” ungkap Raras.

    Seperti diketahui, dari yang diumumkan Pemprov DKI Jakarta di laman Instagramnya, pemberlakuan promo tarif gratis ini berlaku satu hari ini saja, 22 Juni 2022, dari pukul 00.00 sampai 23.59 WIB.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kalau seluruh biaya ini nantinya ditanggung oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui subsidi.

    Siapa yang sudah coba naik MRT, LRT, dan TransJakarta gratis?

    Anyway, selamat ulang tahun, Jakarta!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini