icon-category Food

Libur Lebaran di Solo, Ini Makanan Khas yang Wajib Dicoba!

  • 06 Jun 2019 WIB
Bagikan :

Kota Solo memang memiliki keunikan tersendiri. Selain terkenal karena batiknya, kota yang berjuluk Kota Bengawan ini juga menyuguhkan jajanan khas.

Bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Solo saat mudik, atau sedang menghabiskan libur lebaran, Jangan lewatkan makanan-makanan khas ini.

1. Es Gempol Pleret

Saat Anda memasuki Kota Solo, mungkin Es Gempol Pleret banyak Anda temui di berbagai titik kota. Tetapi, ada satu tempat yang sudah legendaris untuk menikmati es Gempol Pleret, yakni di depan Pasar Gede Harjonagoro.

Tidak sulit menemukan penjual es Gempol Pleret yang bernama Yami. Nenek 60 tahun itu berjualan tepat di depan pintu masuk pasar Gede sisi kiri.

Sudah 40 tahun Yami berjualan es legendaris itu. Es gempol pleret terbuat dari tepung beras, tepung tapioka. Untuk penyajiannya ditambah dengan santan dan gula jawa.

Agar semakin segar ditambahkan es batu. Untuk menikmati semangkuk es gempol pleret cukup dengan harga Rp 6.000 saja.

2. Dawet Telasih

Selain es gempol pleret, Anda juga bisa menikmati segarnya dawet telasih. Ada beberapa pedagang dawet telasih di Pasar Gede. Tetapi, yang melegenda adalah dawet telasih Bu Dermi yang sudah berdiri sejak tahun 1930.

Bahkan dawet telasih Bu Dermi juga menjadi langganan para tokoh penting. Di antaranya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Cawapres Sandiaga, dan juga tokoh lainnya.

Dawet Telasih dan Es Gempol pleret makanan khas Solo. (Suara.com/Ari Purnomo)
Dawet Telasih dan Es Gempol pleret makanan khas Solo. (Suara.com/Ari Purnomo)

Dawet telasih terdiri dari telasih yang merupakan biji bunga kemangi, tape, cendol, ketan hitam, bubur sumsum, dicampur dengan gula pasir. Harga per porsi yakni Rp 9.000.

3. Lenjongan

Bagi Anda yang belum pernah menikmati makanan ini mungkin akan bertanya-tanya. Jajanan khas Solo ini terbuat dari singkong. Ada berbagai jenis atau bentuknya. Kemudian disatukan dalam sebuah wadah dan ditaburi menggunakan parutan kelapa.

Di Pasar Gede ada pedagang lenjongan yang cukup terkenal yakni Lenjongan Bu Sum.

Lokasinya di dalam Pasar Gede. Untuk seporsi lenjongan, harganya Rp 5.000.

4. Brambang Asem

Bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, wajib mencoba makanan khas bernama brambang asem. Makanan ini merupakan perpaduan dari daun ubi tanah, ditambah gembus, lalu disiram menggunakan sambal cair berwarna coklat kehitaman.

Dijamin, saat Anda menikmatinya Anda akan merasakan sensasi pedas yang berbeda. Karena sambal brambang asem terbuat dari cabai, bawang merah, asam, gula jawa dan juga terasi.

Untuk seporsi brambang asem Anda cukup membayar Rp 5.000 saja.

 

Berita Terkait:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini