icon-category Travel

Liburan ke Tempat Dingin Terancam Hipotermia, Ini Gejalanya

  • 27 Jan 2019 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kamu tentu tahu bahwa hipotermia adalah suhu tubuh turun secara drastis di bawah temperatur normal. Gejala hipotermia muncul secara bertahap, sehingga banyak orang tidak tahu bahwa mereka mengalamai hipotermia.

    Mengutip Reader’s Digest, faktanya, rata-rata, 1.300 orang meninggal setiap tahun di Amerika Serikat, karena kedinginan yang luar biasa.

    Baca juga: Singapura Bikin Taman Niat Banget, Nih 5 Rekomendasinya

    Bila berencana liburan ke tempat atau negara dingin tahun ini, kamu mungkin perlu mengetahui tanda-tanda hipotermia terlebih dahulu. Berikut ini beberapa gejalanya menurut Reader’s Digest.

    Mengantuk

    Menggigil dan napas memendek adalah beberapa tanda hipotermia. Tapi begitu hipotermia ringan mulai terjadi, kamu mungkin juga tampak mengantuk.

    Ada kelompok yang lebih berisiko mengalami hipotermia, bahkan saat berada di dalam ruangan: bayi dan balita saat tidur di kamar yang terlalu dingin.

    Baca juga: Kuliner Akhir Pekan: Serba Rp 19 Ribu di Stasiun Bogor

    Kebingungan

    Gejala hipotermia yang lain, yaitu gangguan kognitif. Hipotermia dapat memengaruhi kesadaran dan membuat kamu bingung.

    Sedikit mabuk

    Saat mengalami hipotermia, kamu jadi agak mabuk seperti setelah mengonsumsi alkohol.

    Sulit menjaga keseimbangan

    Saat liburan, kamu mungkin ingin bermain ski dengan teman. Awalnya, kamu baik-baik saja. Tapi, lama-lama, kamu mulai sulit berdiri dan sering jatuh.

    Baca juga: St. John's, Kota Paling Berwarna di Kanada

    Suhu tubuh di bawah 35 derajat Celcius

    Kalau suhu tubuh berada di bawah 35 derajat Celcius, kamu harus cepat-cepat mencari bantuan. Jika tidak, hipotermia bisa berakibat fatal. Kalau mengalami tanda-tanda hipotermia seperti di atas, kamu harus segera menghangatkan diri.

    Kalau sedang berada di dalam air, kamu harus segera keluar, mengeringkan tubuh, dan pergi ke tempat yang hangat. Kamu juga perlu meminta bantuan orang lain dan medis.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini