home ×
Digilife

Lighthouse School Program Latih Siswa SMAN 1 Kintamani Belajar Vlog

25 December 2020 By
Lighthouse School Program Latih Siswa SMAN 1 Kintamani Belajar Vlog
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Lighthouse School Program menawarkan pelatihan menarik bagi pihak SMA N 1 Kintamani yaitu pelatihan vlog. Sekolah ini sudah masuk ke akhir program dan tahun kedua mengikuti program ini.

Tahun pertama keikutsertaan sekolah ini sangat sukses untuk melatih peserta didik membuat vlog yang bagus dan inovatif. Ini adalah program terobosan yang inisiatif untuk meningkatkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Program ini didukung dan dibiayai oleh Putera Sampoerna Foundation (School Development Outreach) dan Grup Usaha Tegas Malaysia. 

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia 

Lighthouse School Program ini sangat bagus sekali untuk diterapkan di Indonesia khususnya SMAN 1 Kintamani. Program ini memfokuskan terhadap peningkatan kualitas dan kemampuan pendidikan Indonesia dengan pelaksanaan program intensif, kolaboratif, dan komprehensif untuk membuat vlog yang berguna sebagai media pendidikan.

Program ini merupakan suatu pelatihan dan juga pendampingan secara kontinyu dan berkelanjutan pada siswa, sekolah, guru, manajemen sekolah, dan juga komunitas masyarakat yang meliputi orang tua siswa. 

Visi dan misi program ini sangat jelas yaitu untuk membuat sekolah yang dibina menjadi sekolahan role model untuk sekolah-sekolah lain di sekitarnya. Hal ini berlaku pada SMAN 1 Kintamani yang berlokasi di Kabupaten Bangli, Bali yang merupakan salah satu sekolah binaan dari program ini.

Sekolah ini sudah membuktikan kualitasnya yang mana mampu melalui proses panjang dan pelatihan dari program ini untuk menjadikannya sebagai sekolah mercusuar yang berkualitas. 

SMA N 1 Kintamani Semakin Sistematis 

Kunci kesuksesan dari SMAN 1 Kintamani ini bisa dilihat nyata dan kasat mata. Bukti keberhasilan sekolahan ini bisa dilihat dari proses pengelolaan sekolah semakin baik, transparan, dan juga sistematis.

Saat berlangsungnya program ini, pihak manajemen sekolah, siswa, dan guru merasa tertantang untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya suatu inovasi guru untuk proses belajar mengajar berbasis proyek di dalam kelas untuk menunjang aktivitas belajar mengajar.

Ada suatu proyek siswa yang berbasis proyek ini di SMA N 1 Kintamani yaitu di lingkup seni dan prakarya. Proyek ini memakai tema Reinkarnasi Sampah dengan memanfaatkan kembali limbah plastik. Tak hanya proyek ini saja, masih ada proyek dan karya lain yang menjadi terobosan di program ini seperti dari Geografi yang mampu memaparkan solusi terkait proses penyelesaian masalah-masalah ekonomi di kawasan wisata Kintamani. 

Bahkan, beberapa siswa SMA N 1 Kintamani mampu menjuarai perlombaan bergengsi setelah mengikuti program menarik ini. Beberapa perlombaan tersebut meliputi Lomba OSN, Lomba Tim Devat, Lomba LCC, Lomba Storytelling, dan beberapa lomba lainnya. Hampir semua lomba yang diikuti menjadikan SMAN 1 Kintamani juara dan terbaik. 

Tetap Produktif Saat Pandemi 

Pandemi sepertinya menjadi salah satu penghambat bagi siswa dan guru untuk lebih produktif karena proses belajar mengajar terhenti sementara akibat pandemi ini. SMA N 1 Kintamani terkena dampak akibat pandemi ini. Bisa dibilang segala aktivitas administrasi sekolah dan juga kegiatan belajar mengajar berubah menjadi online atau daring.

Kondisi ini pastinya cukup sulit bagi siswa dan guru karena memiliki tantangan sendiri. Ada beberapa faktor teknis yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar daring ini seperti kestabilan sinyal, pemakaian media, belajar digital, dan keterbatasan kuota. Untuk mengatasi permasalahan ini, pihak SMA N 1 Kintamani berusaha semaksimal mungkin dengan dedikasi penuh untuk memberikan program layanan pendidikan yang bagus untuk siswanya. 

Dengan terobosan ini, pastinya akan berdampak baik bagi kegiatan belajar mengajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya inovasi dari pihak manajemen sekolah secara nyata untuk memberikan fasilitas dan kebutuhan untuk memfasilitasi guru dan siswa melakukan kegiatan belajar jarak jauh.

Pelatihan vlog yang digagas Sampoerna Foundation ini begitu bermanfaat untuk pembelajaran daring. Vlog bisa menunjang kegiatan belajar jarak jauh dengan komunikasi dua arah yang efektif.

Program dari Lighthouse School di sekolah ini terselesaikan dengan baik dan memuaskan sehingga para siswa bisa belajar secara normal. SMA N 1 Kintamani bertransformasi dengan sangat baik selama pandemi ini dalam rangka menunjang kegiatan belajar mengajar dengan pelatihan vlog. 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article