icon-category Health

Lima Alasan Anda Harus Bangun Pagi

  • 01 Jul 2017 WIB
Bagikan :

Mulailah hari Anda sejak jam empat pagi, saat matahari masih belum keluar dari peraduannya. Orang yang membuka matanya di pagi hari cenderung sukses, bahagia, proaktif, kondisi prima, dan tidak mudah kelelahan dibandingkan rekannya yang bangun siang dan suka begadang.

Penulis buku 'I Know How She Does It: How Successful Women Make the Most of Their TIme and What the Most Successful People Do Before Breakfast,' Laura Vanderkam mengatakan orang yang malas bangun pagi sering kali beralasan mereka susah bangun karena kelelahan. Padahal, faktor penyebab kelalahan di malam hari karena mereka suka begadang hanya untuk menonton televisi hingga larut malam, berselancar di internet, atau melakukan hal-hal yang sesungguhnya tidak produktif.

Berikut adalah lima alasan Anda perlu bangun pagi, dilansir dari Moneyish, Jumat (30/6).

1. Lebih sukses
Pengusaha seperti Bos Virgin Richard Branson, Bos Apple Tim Cook, dan Co-founder Twitter Jack Dorsey memiliki satu kesamaan, semuanya bangun pagi sebelum matahari terbit. Karier mereka kini meroket di berbagai belahan dunia. Mereka memulai hari dengan meditasi, olah raga, atau sekadar menikmati secangkir kopi pagi. Pagi hari itu sunyi sehingga mereka lebih fokus memikirkan banyak hal untuk meraih keberhasilan.

2. Lebih bahagia
Studi The American Psychological Association menyebutkan orang-orang yang rajin bangun pagi biasanya suasana hati lebih baik dibanding orang yang suka begadang. Cahaya matahari pagi menurut penelitian bisa mengurangi depresi.

3. Lebih proaktif
Ahli biologi, Christoph Randler melakukan survei terhadap lebih dari 350 mahasiswa untuk Jurnal Psikologi Sosial Terapan. Mahasiswa yang rajin bangun pagi cenderung proaktif, mengungkapkan berbagai pandangan dan pendapat, lebih bertanggung jawab, dan membuat sesuatu terjadi, hingga mengantisipasi masalah dan menetapkan tujuan. Inilah alasan mengapa anak-anak sekolah yang rajin bangun pagi menghasilkan nilai mata pelajaran lebih baik dan akhirnya masa depan lebih baik.

3. Lebih sehat
Studi University of Pennsylvania School of Medicine mengindikasikan orang yang bangun pagi dan sarapan antara pukul tujuh hingga delapan biasanya merasakan kenyang lebih lama. Orang yang suka begadang biasanya mudah lapar dan makan pukul 11.00 WITA ke atas. Ini menyebabkan naiknya kolesterol, berat badan, dan kadar insulin. Ketiga faktor ini memicu penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan serius lainnya.

4. Tidak mudah lelah
Studi di University at Buffalo menunjukkan polisi yang dinas pukul 16.00 hingga 02.00 dini hari merasakan lelah lebih sering dibandingkan polisi yang dinas pukul 02.00 hingga 16.00.

Peneliti menyarankan tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Anda perlu mengubah jam malam yang tidak produktif menjadi pagi hari yang produktif.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini