home ×
Digilife

5 Skill Teknologi yang Dicari di Ekosistem Digital Indonesia

12 October 2020 By
5 Skill Teknologi yang Dicari di Ekosistem Digital Indonesia
Share
Share
Share
Share

Foto: Nesa by Makers (Unsplash)

Kolom oleh: Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Uzone.id - Transformasi digital sedang berlangsung di hampir semua sektor di seluruh dunia. Bahkan, pandemi Covid-19 ternyata juga mempercepat digitalisasi di berbagai sektor. 

Timbul pertanyaan, bagaimana kita sebagai individu dapat mempersiapkan banyak keahlian yang diperlukan agar tidak tertinggal dalam persaingan yang semakin ketat ke depan. Di bawah ini saya mencoba menyusun lima skill teknologi yang sedang populer saat ini.

1. (Digital) Product Manager 

Skill ini terkait bagaimana mengelola tim yang terdiri atas beberapa keahlian seperti designer, developer, data scientist, dan lain-lain untuk mengembangkan produk/aplikasi digital. 

Seorang product manager harus mampu mengembangkan aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, menentukan dan mengejar kriteria kesuksesan aplikasi, serta menyusun roadmap. Mereka juga harus memastikan pengembangan aplikasi sesuai roadmap tersebut.

Photo by UX Indonesia on Unsplash

2. Data Scientist

"Data is the new oil" - adagium ini menggambarkan pentingnya data dalam kesuksesan organisasi atau bisnis yang bergerak di bidang digital. 

Data scientist adalah keahlian yang terkait dengan bagaimana mengolah data untuk menjelaskan apa yang terjadi dengan sebuah bisnis atau organisasi, mengapa hal tersebut terjadi, memprediksi apa yang akan terjadi, serta memberikan rekomendasi apa yang sebaiknya dilakukan. 

3. Mobile Developer

Hampir seluruh aktivitas digital khususnya yang terkait dengan individu atau masyarakat terjadi melalui smartphone. Bahkan, kebanyakan aplikasi dibuat dengan prinsip "mobile first" atau "mobile only". 

Hal di atas membuat mobile developer - skill yang terkait dengan bagaimana mengembangkan aplikasi berbasis Android ataupun iOS - menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.

4. UI/UX Designer

Bagaimana memastikan aplikasi atau sistem yang dikembangkan mudah digunakan oleh pelanggan? UI/UX designer adalah skill yang bertanggungjawab akan hal tersebut. Skill ini terkait dengan meriset kebutuhan pelanggan, mempelajari bagaimana pelanggan berinteraksi dengan aplikasi, serta memperbaiki antarmuka aplikasi agar semakin disukai oleh pelanggan.

5. Quality Assurance

Keahlian ini terkait dengan bagaimana memastikan aplikasi yang dikembangkan itu sesuai dengan scope yang telah didefinisikan, bebas dari bug dan error, aman dari sisi security dan aspek lainnya yang telah ditentukan.

Sebenarnya masih banyak lagi skill teknologi lain yang juga dibutuhkan di luar daftar di atas. Selain itu, perkembangan teknologi yang sangat cepat menyebabkan sangat mungkin list ini akan berubah pula. 

Oleh karena itu, skill yang justru paling penting menurut saya adalah growth mindset, yakni kemampuan untuk dapat dan mau belajar dengan cepat terkait keahlian atau hal baru yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Jangan cepat puas dengan keahlian yang kita miliki saat ini dan mari kita terus meningkatkan kemampuan kita bersama agar dapat berbicara di kancah nasional bahkan global.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article