icon-category Auto

Luhut: Semua Pabrikan Mobil Listrik Akan Masuk Indonesia!

  • 24 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Wuling

Uzone.id - Indonesia begitu optimis dalam menyongsong era elektrifikasi kendaraan. Bahkan, Indonesia berambisi untuk jadi pusatnya industri kendaraan listrik dunia.

Terbaru, Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan semua pabrikan mobil listrik dunia telah dan akan berinvestasi di Indonesia.

BACA JUGA: Yamaha Luncurkan Grand Filano, Suzuki Avenis Menangis

Dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023 yang dikutip Uzone.id dari Antara, Luhut menyebut sejumlah produsen mobil listrik seperti Wuling asal China, Hyundai asal Korea Selatan, BYD asal China hingga Tesla dari AS.

"Ini kalau Anda lihat semua di sini, hampir semua pemain, bukan hampir semua, (tapi) semua pemain besar mobil dunia pun sudah masuk, akan masuk di kita. Terakhir itu BYD yang nomor satu di dunia, nomor dua ada Tesla, Hyundai dan seterusnya,” kata Luhut.

Luhut menambahkan, kalau sampai saat ini para pabrikan mobil listrik dunia tersebut sedang dalam tahap finalisasi dalam proses investasinya di Indonesia dan sebentar lagi akan segera diumumkan ke publik.

BACA JUGA: Perdana di Dunia, Inilah Dia Toyota Kijang Innova Zenix

"Ini semua sudah memfinalisasi perjanjian-perjanjian Indonesia dengan keputusan kita, EV, yang sudah kemarin dirapat kabinet, dan kita bisa announce (umumkan) segera. Maka pemain-pemain besar dunia itu akan masuk ke Indonesia,,” tambahnya.

Salah satu daya tarik Indonesia bagi para investor dan pabrikan mobil listrik dunia tersebut adalah pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik dan kendaraan listrik yang dimulai dari hulu dengan hilirisasi nikel.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini