icon-category Health

Lutut Bunyi Saat Jalan, Tanda Bahayakah?

Bagikan :

Di usia di awal tahun 30-an terkadang muncul bunyi pada sendi kita, khususnya sendi pada lutut. Dan mereka yang mengalaminya cenderung risih, dan menganggap itu tanda bahaya. Benarkah demikian?

Menurut Roshini Rajapaksa, MD, pengajar di NYU School of Medicine, selama bunyi sendi tidak diiringi dengan rasa sakit atau bengkak, seseorang tak perlu cemas. Sebab, suara 'kraak pada sendi lutut bisa terjadi karena meledaknya gelembung gas dalam cairan “pelumas” di sekitar sendi atau suara ligamen (penghubung tulang ke tulang) dan tendon (penghubung otot dengan tulang) tertarik dan mengundur.

"Pernahkah Anda saat latihan di gym yang melibatkan sendi, kemudian muncul suara dari ligamen dan tendon pas melakukan gerakan menarik beban dan mengulur? Nahbiasanya itu karena adanya dua sendi atau tendon yang terlalu rapat dengan struktur tulang. Dan agar tidak mengeluarkan itu, Anda bisa melakukan peregangan secara perlahan sebelum latihan," ungkapnya sebagaimana dilansir laman Health, Rabu (5/7/2017)

Kecuali, ucap dokter Roshini, bila Anda pernah cedera di bagian sendi lutut. Jika ligamen Anda belum sembuh total, sendi akan bunyi saat digerakan.

Akan tetapi, selagi umur masih di taraf muda harusnya bunyi di bagian sendi belum muncul. Menjadi lumrah bunyi di bagian sendiri muncul kalau sudah masuk umur 40-an. Itu karena bertambahnya umur tulang rawan di bagian lutut terkikis dan cairan pelumas berkurang.

Dan jika Anda suatu saat muncul bunyi dibagian lutut bersama rasa nyeri, segera temui dokter di dekat rumah Anda. "Sebab itu indikasi Anda sudah mengalami kerusakan bagian sendi atau ligamen. Yang mana sudah perlu dapat pengobatan," urainya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Lutut Bunyi Pelumas 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini