home ×
Digilife

macOS Big Sur untuk Mac Diperkenalkan, Makin Mirip iOS

23 June 2020 By
macOS Big Sur untuk Mac Diperkenalkan, Makin Mirip iOS
Share
Share
Share

CEO Apple Tim Cook (Foto: 9to5Mac)

Uzone.id - Pengguna MacBook tidak luput dari perhatian Apple di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020. Karena di sana, Apple memperkenalkan versi macOS berikutnya, yakni Big Sur.

Perubahan terbesar dari update macOS ini adalah tampilan desain barunya. Bahkan diklaim oleh Apple, Big Sur membawa perubahan desain terbesar sejak memperkenalkan macOS 10.

Uzone.id yang ikut menyaksikan WWDC 2020 secara live, Selasa (23/6), akan membahas beberapa fitur barunya. Tapi semua itu akan membuat kalian bergumam, ini semakin mirip iOS.

Salah satunya, Big Sur akan mengambil fitur yang sudah tak asing lagi bagi pengguna iPhone atau iPad, yakni Control Center dengan tambahan bisa dikustomisasi.

Dengan meminjam elemen iOS ini, pengguna MacBook bisa mengatur tingkat kecerahan, Do Not Distrub, notifikasi dan fitur lainnya dalam satu tools.

Nantinya juga, di Big Sur akan mengurutkan pemberitahuan berdasarkan pemberitahuan terkini, dan mengelompokkan pemberitahuan terkait dengan wajah antarmuka transparan, seperti di iOS.

Tampilan Control Center di macOS Big Sur


Apple telah membuat beberapa penyesuaian lainnya juga. Bilah menu sekarang lebih tinggi dan lebih transparan, warna font antarmuka berubah berdasarkan warna latar belakang desktop kalian.

Menu pull-down lebih besar dengan lebih banyak ruang di antara baris. Kalian dapat menyematkan item yang paling sering digunakan ke bagian atas bilah menu. Windows juga lebih transparan, dengan tepi yang lebih bulat.

Baca juga: iOS 14 Akhirnya Bawa Fitur Lama Android

Sejumlah aplikasi telah menerima desain baru yang disederhanakan, termasuk Mail, Foto, Catatan, dan iWork. Apple telah memperkenalkan fitur pencarian baru ke Pesan (yang mengatur hasil ke dalam tautan, foto, dan istilah yang cocok.

"Seluruh pengalaman terasa lebih fokus, segar, dan akrab, mengurangi kompleksitas visual dan membawa konten dan pengguna ke depan," kata Apple.

Tombol Dock juga telah dirancang ulang agar terlihat lebih mirip dengan iOS, yang oleh Apple agar lebih konsisten dengan ikon di seluruh ekosistem Apple sambil mempertahankan kepribadian Mac.

Kehadiran macOS Big Sur ini akan datang dalam waktu dekat sekitar musim gugur, atau setelah iOS digulirkan ke semua perangkat iPhone atau iPadOS untuk iPad.


Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 23 June 2020 | 08:39:07

apaan itu emangnya model hape kah itu

Gede Arya 23 June 2020 | 07:25:32

woww semakin menarik nihhh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id